7 Cara Ampuh Mengatasi Android Sering Restart Lalu Mati Sendiri

AndroidMau.Com – Berhasil Mengatasi Android error dan sering restart sendiri. Ada saja biasanya masalah yang akan kita temui pada hp Android yang kita miliki seperti misalnya error, Android mati dan hidup sendiri secara terus menerus, restart terus berulang-ulang atau juga mati saat membuka aplikasi tertentu dan masih banyak masalah lainnya. Tentunya hal tersebut akan membuat kita merasa jengkel apa lagi pada saat kita melakukan aktifitas yang serius seperti misalnya saat sedang telpon atau melakukan panggilan, sms, internetan, dan saat main game. Entah masalah tersebut di alami oleh hp cina, Asus Zenfone, LG, Samsung Galaxy, Sony Xperia, Oppo, Advan, Andromax, Xiaomi MIUI.

Seperti yang kita tau bahwa Android memiliki banyak sekali aplikasi dan game gratis yang dapat kita unduh di Play Store. Tidak hanya itu saja namun juga terdapat banyak modifier aplikasi seperti BBM Mod dan bahkan hingga developer custom rom yang mana kita tau bahwa custom rom ini membawa nuansa yang baru dalam hal tampilan dan fiturnya. Dan custom rom ini dapat kita nikmati pada tablet Android maupun hp Android jadul sekalipun karena setiap device Android memiliki developernya masing-masing mulai dari gingerbread yang ingin mencicipi tampilan kitkat ataupun lollipop dan lainnya.

adnroid sering restart sendiri

Penyebab Android Sering Mati dan Restart Sendiri

Memang setiap masalah pasti ada penyebabnya dan beberapa memang tidak di sebabkan oleh kita sendiri namun oleh beberapa faktor, simak sebagai berikut.

1. Error Pada Penggunaan Aplikasi Biasa

Error yang pertama dan paling sering di alami oleh pengguna Android yakni pada software atau aplikasi yang di pasangnya. Ada beberapa aplikasi yang memang bersifat negatif pada Android kita seperti misalnya penggunaan resource memori Ram yang berlebihan. Pernah suatu hari hp teman saya yakni samsung galaxy star duos mengalaminya, seperti yang kita tahu bahwa perangkat terebut memang di bekali ram yang cukup minim dan teman saya memasangkannya aplikasi-aplikasi dan game yang memang banyak seperti aplikasi chating BBM, WhatsApp, Line, B612 dan masih banyak aplikasi lainnya. Dan gejala yang di alami yakni hp saat di hidupkan hanya muncul tulisan samsung lalu mati lagi dan seterusnya begitu. Namun sepertinya sekarang orangnya sudah menemukan solusinya, yakni dengan cara di flasing.

2. Error Pada Software Root

Mungkin yang sering mengalami masalah ini ialah kalian yang suka dalam hal mengoprek Android seperti mengganti tampilan, memodif sistemUI dan hal lain semacamnya. Pengguna bisa saja mengalmai error pada perangkatnya pada saat melakukan root atau juga karena salah dalam melakukan install custom rom yang berakibatkan bootloop, mengganti font tulisan di Android, menginstall modul dalam xposed installer dan masalah lainnya.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart

Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah Android error dan mencegah agar tidak terjadi lagi di Android kalian.

1. Cabut Baterai dan Memori Eksternal

Hal yang paling dasar dan merupakan hal yang paling utama yakni silahkan lakuakn pencabutan kartu memori dan baterai pada Android anda. Saat Android hidup dan mati sendiri silahkan kalian lepas memori dan baterai lalu tekan tombol power stidaknya 5 detik lalu pasang lagi baterai dan memori tadi ke Android anda. Tujuan dari menekan power ialah agar daya yang masih tersisa pada perangkat Android bisa habis hingga tersisa nol.

2. Bersihkan Cache atau Data Yang Tersimpan

Terkadang saat memainkan game atau membuka aplikasi di Android mengalami eror seperti force close. Penyebabnya ialah ada tiga. Pertama hp Android anda tidak memilki spesifikasi standar yang cukup untuk memainkan game tersebut seperi ram, gpu dan versi os. Lalu yang kedua yakni terdapat file yang tidak penting pada data game tersebut seperti cache. Dan yang ketiga adalah game rusak sehingga kalian perlu untuk mendownloadnya ulang dari google play store.

3. Update Aplikasi yang Terpasang

Biasanya pihak aplikasi akan memberikan update terbaru untuk aplikasinya seperti satu minggu sekali, atau juga yang ada satu bulan sekali. Tujuannya agar bisa meminimalisir keberadaan bug yang ada pada aplikasi tersebut sehingga juga akan meminimalisir error yang ada. Untuk mengupdatenya silahkan kalian masuk ke aplikasi play store.

4. Hapus Aplikasi Tertentu

Hapus aplikai yang tidak di perlukan dan juga memiliki penggunaan memori yang besar. Untuk mengetahu aplikasi mana saja yang menggunakan resource ram anda silahkan masuk ke pengaturan>aplikasi>aplikasi berjalan maka disitu kalian akan menemuai aplikasi apa saja yang berat.

5. Ganti Memori Eksternal

Error juga dapat di sebabkan oleh memori yang sudah usang dan lama. Biasanya memori ini akan cepat error bila sudah sering kita isi aplikasi dan berkas yang banyak. Maka dari itu jika semua cara diatas sudah dilakukan namun masih saja error saya sarankan untuk mengganti memori eksternal yang anda miliki.

6. Lakukan Wipe Cache Partition

Hal ini akan menghapus semua cache yang terdapat pada Android anda dan khususnya pada aplikasi yang terpasang. Ikuti langkah berikut ini.

  • Matikan Android
  • Tekan tombol volume up, home dan power secara bersamaan sampai bergetar atau muncul logo android dan lepaskan tombol powernya
  • Setelah layar recovery mode muncul, lepaskan kedua tombol Volume Up dan Home
  • Selanjutnya gunakan tombol Volume Down kemudian pilih ‘Wipe cache partition
  • Tekan tombol Home untuk memilih
  • Tablet atau Smartphone Android akan secara otomatis restart setelah berhasil melakukan wipe out
  • Lakukan Hard Reset. Ikuti langkah pada nomor enam tetapi kita memilih ‘wipe data / factory reset Kemudian setelah berhasil, lalu tap ‘Reboot system now’

Untuk tutorial nomer 6 dan 7 pastikan anda sebelumnya sudah melakukan backup terhadap data yang terdapat di Android anda karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di memori telpon dan pastikan juga baterai Android dalam keadaan yang full.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk mencegah Android agar tidak error dan sekaligus mengatasi Android yang sering restart sendiri. Semoga tutorial ini bermanfaat dan terimakasih.

advan i5c mati sendiri, Mengala advan i5c lite bergertar lalu mati, andromax e2 restart terus, advan s4t restart terus, Hp sony mati setelah cache data, cara mengatasi pangilan telepon mati layarnya di rom resurettion remic di asus zenfone 2, zenfone selfie restart terus menerus, android restart saat instal aplikasi, advan i5c restrat sendiri, bagaimana cara jika hp advan s4t tidak mau hidup