Cara Mengubah Default Aplikasi Android

AndroidMau.Com – Seperti yang kita tahu bahwa smartphone Android adalah gadget masa kini yang paling populer dan sudah banyak digunakan oleh pecinta tablet dan hp diseluruh dunia. Bukan hanya karena fitur canggih yang dimilikinya, namun juga tersedia banyaknya aplikasi dan game yang bisa kita download secara gratis di toko aplikasi besutan Google yakni Play Store. Disana kita bisa memilih berbagai macam jenis aplikasi dan game mulai dari yang gratis hingga yang berbayar dengan fitur andalannya masing-masing.

Itulah yang membuat sejumlah pengguna tetap betah untuk menggunakan smartphone tersebut, sebab kemudahan yang ditawarkan olehnya begitu nyaman untuk kita nikmati. Memang banyak smartphone yang lain dan memiliki fitur lebih wow dibandingkan Android, contohnya saja seperti iOS dengan Apple nya. Namun pengguna lebih memilih Android karena terbukti lebih murah dan juga hemat kantong hehe, maklum kalau iPhone kan kita kebanyakan harus membeli untuk mendownload aplikasinya. Baca Juga : 7 Game Petualangan Android dan iOS Yang Dijamin Seru

Terbukti memang banyak sekali aplikasi keren yang ada di iTunes (sebutan untuk pasar aplikasi iPhone). Namun banyak juga kok aplikasi apple yang bisa kita instal di Android, dan dapat kita download secara gratis di Play Store seperti aplikasi Prisma. Dulunya prisma itu hanya ada pada iTunes, lalu selang beberapa bulan mulai masuk Google Play karena melirik cukup banyak minat dari pengguna untuk mengedit foto menjadi lukisan.

Eh kok jadi panjang gini ya ceritanya, padahal disini saya tidak akan menjelaskan tentang keunggulan Prisma. Melainkan untuk memberikan tutorial bagi kalian semua untuk cara mengubah default aplikasi Android sehingga kita bisa meresetnya kembali tanpa harus melakukan format ulang.

Cara Mengubah Default Aplikasi Android

Apa itu aplikasi default? pasti kalian banyak sekali memiliki aplikasi yang hampir sama kegunaannya di Android anda, seperti misalnya aplikasi browser Chrome, Operamini dan Web Browser bawaan. Nah, semua aplikasi tersebut kan fungsinya sama yakni sama-sama digunakan untuk browsing, hal ini sering kita lihat saat mengklik sebuah link di BBM misalnya maka akan muncul gambar seperti berikut ini.

Cara Mengubah Aplikasi Default Android

Cara Mengubah Aplikasi Default Android

Saat membuka sebuah link, maka akan muncul beberapa opsi browser di Android kita sebab kita memiliki lebih dari satu browser di hp kita. Ini juga berlaku pada saat anda ingin memutar musk lalu muncul beberapa aplikasi yang serupa. Tak terkecuali juga pada aplikasi foto dan lainnya. Bila kita memilih hanya sekali, maka akan muncul kembali pada saat kita ingin membuka sebuah file lagi. Namun jika kita memilih selalu maka artinya aplikasi tersebut sudah kita jadikan sebagai Aplikasi Default.

Namun pasti ada kalanya kita ingin mencoba aplikasi lain saat membuka misalnya lagu, sedangkan kita sudah menentukan aplikasi musik bawaan kita untuk memutar lagu. Agar hal itu kembali seperti semula yakni kembali ke “Tindakan lengkap menggunakan” maka silahkan simak caranya berikut ini.

  1. Buka setelan/pengaturan
  2. Pergi kebagian aplikasi/manajemen aplikasiCara Mengubah Aplikasi Default Android
  3. Pilih aplikasi yang sudah kalian jadikan default aplikasi, disini saya contohkan saja Google ChromeCara Mengubah Aplikasi Default Android
  4. Tap aplikasi tersebut lalu gulir sedikit kebawah maka akan muncul menu “Luncurkan secara default” dan pilih Hapus defaultCara Mengubah Aplikasi Default Android
  5. Sekarang anda boleh mencobanya, karena sudah direset seperti semula lagi

Trik ini bisa anda terapkan disemua hp dengan os Android baik itu Samsung Galaxy, Sony Xperia, Asus Zenfone, Lenovo dan lainnya. Jujur dari dulu admin belum tau mengenai trik ini, dan setelah melihat lebih dalam pada bagian aplikasi akhirnya saya menemukan fitur tersebut. Demikianlah cara mengubah default aplikasi Android, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.