6 Langkah Pencegahan dan Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas!

AndroidMau.Com – Batteray adalah sebuah komponen penting dalam sebuah smartphone. Daya tahan smartphone tergantung dari kemampuan batteraynya. Terkadang banyak ponsel yang memiliki daya batteray yang tinggi tapi tetap cepat panas dan tidak tahan lama. Hal itu biasanya disebabkan oleh aplikasi yang terlalu banyak aktif, terlalu sering bermain game, proses pengisian batteray yang terlalu lama, mengisi daya sambil bermain, dan lain sebagainya. Banyak solusi yang ditawarkan oleh setiap produsen smartphone namun semuanya belum memuaskan. Berikut kami berikan 6 cara mengatasi baterai Oppo cepat panas seperti yang dilansir dalam situs heyriad, carazone, bedahgadget, dan gadgets.

Lakukan Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas Berikut Ini

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar batteray smartphone Anda tidak menurunkan kualitasnya :

1. Tidak Terlalu Lama Melakukan Pengisian Daya (Charging)

Semua ponsel jika di cas terlalu lama, akan menyebabkan kemampuan batteray semakin berkurang. Mengapa demikian? Batteray yang terus diisi tanpa diberi batasan, dapat menyebabkan komponen-komponen dalam batteray rusak. Aliran listrik yang terus mengalir tanpa henti menjadikannya semakin lemah dalam menyimpan energy. Oleh karena itu pastikan Anda tidak terlalu lama dalam melakukan pengisian daya.

2. Jangan Bermain/Menggunakan Ponsel Yang Sementara Di Charge

Kebanyakan orang yang tidak bisa berlama-lama jauh dari smartphonenya melakukan hal ini. Menggunakan ponsel saat melakukan pengisian sangat berbahaya, Karena disamping daya batteray yang berkurang, keselamatan Anda juga terancam. Sudah banyak kasus dimana orang yang menggunakan ponsel saat charging, mengalami kecelakaan akibat handphone yang tidak bisa menampung panas kemudian meledak.

3. Menonaktifkan Aplikasi Tidak Penting Yang Beroperasi

Sangat dianjurkan bagi kita untuk menonaktifkan aplikasi tidak terpakai yang sedang berjalan, oleh karena itu aplikasi dapat menyerap daya sangat banyak. Itulah yang membuat smartphone cepat panas, boros, kembung dan lain sebaginya.

4. Mematikan Sambungan Jaringan Seluler, Wifi, GPS, Bluetooth, Dll

Hal ini juga termasuk yang membuat ponsel jadi cepat panas. Aktifnya semua fitur-fitur ini bersamaan dalam waktu yang lama jelas merusak penggunaan batteray, karena kemampuan bateray akan terus dipacu sehingga membuatnya cepat kalah. Jadi sebaiknya fitur-fitur ini di nonaktifkan saja ketika tidak digunakan.

5. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Cara ini juga mujarab untuk menyimpan daya, sehingga batteray jadi awet. Dengan mengaktifkan fitur ini ponsel secara otomatis mengatur penggunaan baterai. Caranya mudah masuk di setting, kemudian batteray, dan klik mode hemat daya, maka Ponsel Anda akan terlindungi.

6. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Sekaligus (multitasking)

Harap perhatikan Android Oppo Anda. Kita tau bersama Oppo memang memiliki kemampuan membuka banyak aplikasi sekaligus. Namun hal itu juga yang menyebabkan batteray cepat panas, boros, kembung dan tidak tahan lama. Membuka banyak aplikasi sekaligus akan memakan banyak RAM, sehingga kinerja system akan terpacu karena banyaknya aplikasi yang harus diproses dalam waktu bersamaan.

Baca juga:

Itulah beberapa tips bagaimana cara mengatasi batteray cepat panas pada smartphone Oppo. Selalu rawat ponsel Anda agar tidak cepat panas dan rusak. Jika hal diatas sudah dilakukan namun smartphone Anda tetap cepat panas, mungkin smartphone Anda perlu di service.