9 Cara Mengatasi “Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti” Pada Android

AndroidMau.Com – “Sayangnya Layangan Google Play Telah Berhenti” – Mungkin Anda pernah mengalami hal semacam ini. Layar Android menampilkan pop up tulisan semacam itu dan Anda bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab terjadinya. Apakah virus, atau kesalahan yang disebabkan oleh aplikasi terkait. Yang jelas, pop up tulisan tersebut sangat mengganggu karena akan tetap muncul ketika Anda akan membuka Aplikasi.

Akan tetapi, Anda tidak perlu panik ketika mendapati layar Android Anda menampilkan hal semacam ini. Data yang Anda miliki tidak akan hilang seluruhnya. Hal ini bisa saja dikarenakan beberapa kesalahan teknis dari Google Play. Google Play tidak dapat terhubung dengan beberapa komponen pentingnya sehingga berhenti bekerja. Untuk menangani masalah semacam ini situs mobipicker, forum android stackexchange, dan androidcentral memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki keadaan tersebut.

Solusi Untuk Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti Pada Android

1. Bersihkan Cache

Untuk solusi pertama yang mungkin bisa menyelesaikan permasalahan muncul tulisan error ini, adalah membersihkan cache aplikasi Layanan Google Play. Biasanya cache yang terlalu penuh akan mempengaruhi kinerja suatu aplikasi. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mencoba membersihkan cache sistem pada aplikasi Layanan Google Play. Caranya yaitu dengan masuk pada menu pengaturan/setelan, kemudian cari aplikasi layanan google play, kemudian tap pada bersihkan cache.

2. Reset App Preferences

Jika cara yang sebelumnya belum menghilangkan permasalahan muncul tulisan bahwa Layanan Google Play berhenti bekerja, maka Anda dapat mencoba cara kedua ini. Anda harus pergi ke menu setting seperti langkah sebelumnya. Kemudian, tap pada tab ‘All’ dan cari ‘More’ pada pojok kanan atas layar. Akan muncul menu yang bertuliskan “reset app preferences’. Tap pada tulisan tersebut. Umumnya, cara ini akan menyelesaikan permasalahan pop up screen tersebut.

3. Re-Login Akun Google Anda Pada Android

Jika masalah tersebut masih Anda temui, Anda bisa mencoba re-login akun google Anda pada Android. Caranya adalah dengan masuk pada menu pengaturan, kemudian pilih Account. Tap pada Google, dan tap pada akun Anda. cobalah untuk menghapusnya terlebih dahulu sebelum melakukan log in kembali. Pilih titik tiga pada pojok atas kanan, kemudian pilih ‘remove account’. Setelah selesai, Anda bisa menambahkan kembali akun Google pada Android Anda.

4. Re-install Google Play Service

Sebenarnya, aplikasi Layanan Google Play atau “Google Play Service” tidak bisa dihapus secara keseluruhan dari Android. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi dasar yang harus ada pada tiap Android. Untuk melakkukan Re-install, Anda harus deactivate layanan Google Play terlebih dahulu. Kemudian uninstall Google Play Service pada application manager. Kemudian tap pada ‘uninstall updates’.

Setelah itu, pastikan aplikasi tersebut sudah terhapus updatenya dengan membuka aplikasi yang memerlukan layanan Google Play, misalnya Play Store. Periksa hingga tampil tulisan yang menyuruh Anda menginstall kembali aplikasi Layanan Google Play. Download aplikasi Google Play Service.apk dari beberapa situs, kemudian instal apk tersebut pada Android Anda.

5. Menggunakan Lucky Patcher

Lucky Patcher adalah aplikasi khusus untuk smartphone yang sudah di root, untuk selengkapnya lihat tutorialnya dibawah ini:

  • Download Lucky Patcher disini
  • Cari aplikasi Layanan Google Play
  • Klik Hapus
  • Selesai

6. Update Aplikasi Layanan Google Play

Crash juga bisa terjadi karena aplikasi sudah lama tidak di update, jadi perlu di betulkan dengan cara mengupdatenya. Karena pada update yang tersedia, biasanya juga terdapat file fix terhadap bug di versi lama. Untuk langkah updatenya bisa anda lakukan seperti ini.

  • Masuk ke Play Store
  • Ketik “Layanan Google
  • Lalu Update

7. Bawa ke Teman yang Jago Oprek HP Android / Tukang Service

Jika kamu sudah lakukan beberapa langkah diatas namun permasalahan “Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti” masih tidak bisa hilang. Maka kami sarankan kalian datang ke tukang service atau menyuruh teman yang jago oprek hp dan minta tolong untuk dibenarkan.

8. Update Firmware HP Anda ke Versi Terbaru

Masalah tersebut juga bisa terjadi karena antara aplikasi google dan firmware yang terdapat di handphone anda tidak kompatibel. Entah ada kerusakan atau ada sebuah bug pada fimrware hp anda, maka kami sarankan untuk melakukan pembaruan sistem. Hal ini dapat anda lakukan sendiri, dengan cara masuk ke Pengaturan > About > Pembaruan sistem.

Pastikan koeksi internet anda stabil dan cepat, karena untuk mengunduh file firmware agak besar. Kami sarankan menggunakan koneksi wifi saja untuk hal ini agar aman.

9. Format Ulang (Kembali Ke Pengaturan Awal)

Cara terakhir yang bisa kita lakukan adalah melakukan format ulang pada smartphone tersebut. Dengan begitu semua pengaturan akan kembali seperti awal saat anda membeli. Termasuk pengaturan yang salah nanti juga bisa dibenarkan secara otomatis dengan format ulang ini.

Setelah di format, kami sarankan silakan login atau buat akun google dan masuk ke play store lalu update semua aplikasi yang meminta pembaruan.

Baca juga:

Itulah beberapa solusi untuk menangani permasalahan sayangnya layanan google play telah berhenti bekerja. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

sayangnya layanan google play telah berhenti, layanan google play terhenti selalu muncul, layanan google play terhenti, cara mengatasi layanan google play terus berhenti, layanan google play berhenti, layanan google play, https://www androidmau com/2017/03/sayangnya-layanan-google-play-telah-berhenti html, cara stop tulisan layanan google play terhenti yg slalu muncul di android, cara mengatasi layanan google play telah berhenti, cara memperbaiki layanan google crash