Aplikasi Internet Banking Juga Berbahaya Loh! Makanya Ikuti Tips Ini Biar Aman

AndroidMau.Com – Jaman sekarang apa sih yang tidak bisa dilakukan tanpa internet? Apa lagi soal transaksi belanja online, Anda pasti setidaknya punya satu aplikasi internet banking di smartphone agar memudahkan transaksi. Sayangnya, berbagai aplikasi ini belum bisa memberikan Anda rasa aman dengan maraknya kejahatan di dunia internet. Agar uang Anda tidak hangus begitu saja, berikut ini adalah tips ber-internet banking yang aman.

Tips Menggunakan Aplikasi Internet Banking Agar Aman Dari Cyber Crime

Menghindarkan Pengguna Dari Phising

Phising merupakan salah satu kejahatan di dunia internet yang paling sering terjadi. Aktifitas yang akan dilakukan oleh para penjahat online antara lain mengambil User ID, password, informasi pribadi mengenai buku tabungan, kartu kredit dan masih banyak lagi. Mereka melakukan ini dengan memakai email palsu dan sejumlah link berbahaya untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Bahkan para pelaku sering menempatkan logo resmi dan membuatnya seolah aman.

Menurut situs Cermati, cara paling aman menghindari kejahatan phising yakni dengan tidak meng-klik link aneh dan tidak resmi. Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi dari developer resmi dan juga mengetikan alamat resmi internet banking.

Jaga Rahasia Identitas Anda

Jangan sampai Anda memberitahukan data pribadi ke orang lain. Ini sangat berbahaya! Data pribadi mulai dari nama lengkap, nama ibu, tanggal lahir dan masih banyak lagi. Pastikan hanya petugas bank yang mengetahui hal ini. Selain itu, hindari meng-klik link sembarangan di kotak email. Pastikan Anda mengecek alamat email ke bank yang Anda pakai.

Sering-sering Ganti Password

Lakukan perubahan password setiap 3-6 bulan sekali. Jangan sekali-kali memakai password tanggal lahir, hal ini mudah sekali dikenali penjahat online. Selain itu, pastikan Anda tidak menulis password di ponsel karena beberapa orang bisa menandainya dengan mudah. Apa lagi saat tiba-tiba smartphone Anda rusak atau dicuri orang. Sangat berbahaya, kan?

Keluar Dari Browser Internet Banking Dengan Benar

Ini yang sering dilakukan banyak orang, malas keluar dari browser i-banking dengan benar. Apalagi kalau saat itu perangkat Anda sedang terkena virus, yang pasti resiko besar sedang mengintai Anda di sana.

Browser internet banking atau aplikasinya sudah didesain memiliki filter keamanan yang pas, sehingga hal ini bisa menghindarkan pengguna dari kejahatan internet. Untuk itu, lakukanlah transaksi dengan benar.

Pastikan Smartphone dan PC Bebas Virus

Hal penting yang wajib diingat yaitu virus! Pastikan perangkat untuk bertransaksi bersih dari gangguan ni. Selalu update antivirus atau firewall Anda agar bisa terhindar dari virus berbahaya. Beberapa kejahatan juga muncul dengan cara memasukkan virus ke jaringan internet Anda.

Gunakan Koneksi Pribadi

Hindari bertransaksi menggunakan jaringan wifi di tempat umum, atau kabel LAN paralel. Hal ini memungkinkan perangkat Anda dijebol dengan mudah sehingga informasi pribadi diketahui orang lain.

Dengan tips diatas, anda tidak perlu lagi akan tidak merasa aman saat bertransaksi dengan aplikasi internet banking di smartphone. Jadi pastikan anda selalu aman.