Begini Cara Fast Restart Untuk HP Samsung dengan Mudah

AndroidMau.Com – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana melakukan Restart atau Reset atau Reboot HP. Mengingat pengguna pabrikan Samsung sangat banyak. Maka tulisan ini akan membahas kusus untuk Samsung. Pada umumnya anda perlu melakukan pemulihan HP ketika peforma HP sudah sangat lambat dan cepat panas. Perlu bagi anda untuk melakukan pemulihan HP karena bisa jadi masalah yang membuat hang perangkat karena gangguan sistem perangkat, kerusakan aplikasi, atau bakan software bawaan telah terganggu. Sehingga penting bagi anda untuk segera me-refresh HP Samsung anda.

Adapun di bawah ini adalah cara untuk melakukan reset HP Samsung yang tengah mengalami hang, dengan catatan error masih belum terlalu parah seperti not responding atu layer nge-blank.

  1. Masuk pada menu SETTING
  2. Kemudian pilih Backup and Reset
  3. Terakhir pilih Factory Reset

Sebagai catatan, data dan sampah akan hilang, jadi lebih baik anda benar-benar telah menyimpan dan mem-back up data anda.

Adapun cara cepat bagi anda yang HP-nya terlanjur Hank dan tidak dapat merespons perintah anda. Adalah dengan Hard Restart, cukup dengan anda menekan Tombol Volume Up + Power Button dan Home Key. Melalui cara pintas ini anda tinggal menunggu HP anda melakukan booting, kemudian anda akan disajikan pilihan menu Reset. Silahkan anda memilih Factory Reset, Sehingga aplikasi-alikasi anda yang mengalami error dapat dipulihkan kembali.

Namun bagi yang merasa HP lemot meski telah di restart berkali-kali, maka langkah yang dapat anda lakukan adalah memilih Reboot system now. Karena pengaturan sistem ini berfokus untuk mengenskripsi ulang aplikasi bawaan maupun unduhan, untuk memperbaiki sejauh mana kerusakan sedang terjadi.

Bagaimana melakukan restart ketika HP Blank ?

Pertanyaannya sekarang bagaimana dengan kondisi HP Samsung mengalami not responding parah ? Jawabannya ada 2 cara. Berikut caranya:

1. Ketika hank tidak dapat membuka aplikasi apapun

  • Cobalah melakukan restart biasa
  • Kemudian pergi ke Setting
  • Pilih kembalikan ke setelan pabrik

Cara ini bisa di kategorikan Soft Restart, hal ini perlu dilakukan untuk mengatasi kemungkinan aplikasi bawaan yang telah rusak. Maka satu-satunya cara adalah dengan mengembalikan HP Samsung anda pada setelan awal, seperti kondisi baru. Akan sangat disarankan untuk anda memindahkan data-data anda terlebih dahulu. Jika tidak semua data akan terhapus permanen (tidak dapat dipulihkan meski menggunakan software tertentu).

2. Ketika Soft Restart tidak bekerja

Ketika cara no 1 tidak bekerja maka anda perlu melakukan Hard Reset. Cara ini dengan menerapkan wipe data/cache kepada seluruh sistem. Bahkan Jika anda telah melakukan upgrade software. Maka data upgrade akan terhapus dan HP Samsung anda akan kembali pada versi awal. Kemudian jika pilihan reboot tidak membantu, maka langkah terakhir anda perlu melakukan flashing. Hal ini diperlukan bagi Samsung yang memiliki Android di atas Kitkat Version. Mungkin cara ini akan berguna untuk mengembalikan pada setelan awal android.

Baca jugaInilah 7 Launcher Mirip iPhone untuk Tampilan Android

Sekian ulasan restart kali ini. Dan ingat apapun Hp Samsung anda. Lakukan Reebot dengan cara Tekan Volume Up + Power Button dan Home Key.

cara mereset samsung