10 Emulator Android Terbaik dan Ringan untuk PC Terbaru 2018

AndroidMau.com – Punya PC spek rendah tapi maksa ingin coba emulator? Cobain aja 10 aplikasi emulator Android berikut ini yang ringan untuk ram laptop atau komputer anda.

emulator android terbaik

Emulator Android adalah sebuah program dimana fungsinya adalah untuk menjalankan aplikasi berbasis apk pada PC. Biasanya ini digunakan oleh programer aplikasi untuk mengetes aplikasi yang dibuatnya berjalan baik atau tidak.

Namun tidak jarang juga yang menggunakannya untuk bermain game di pc seperti untuk main pubg, mobile legends, aov dan game terpopuler lainnya.

Hanya saja yang sering menjadi kendala adalah pc yang digunakan terkadang lag saat menjalan emulator. Memang sebuah emulator pada umumnya sangat berat karena memproses beberapa aplikasi sekaligus, apalagi saat anda membuka aplikasi dalam emulator tersebut.

Berikut ini daftar emulator terbaik yang bisa anda coba.

10 Emulator Android Terbaik Ringan dan Cepat

1. Nox Player

Aplikasi emulator pertama yang kami rekomendasikan kepada anda adalah Nox Player. Mungkin sudah banyak yang tau, dan pasti diantara pembaca sudah ada yang memilikinya.

NOX PLAYER

Dengan Nox Player anda bisa memainkan game-game HD berat sekalipun. Seperti yang dilakukan pengujian yaitu memainkan game Need for Speed mendapatkan fps stabil di angka 60, tentunya ini juga didukung oleh spek komputer yang lumayan baik.

Bagi kamu pecinta Mobile Legend, sudah banyak player yang menggunakan emulator yang satu ini di laptop mereka.

Official Website : https://id.bignox.com

2. AMIDuOS

Software ini terbilang cukup baru, namun sayangnya tidak tersedia secara gratis. Ya aplikasi premium yang anda harus bayar sekitar 130rb untuk menikmati fiturnya. Memiliki fitur multi touch yang juga berguna untuk kamu yang memiliki monitor layar sentuh. Juga memiliki tampilan sederhana untuk memudahkan penggunanya.

Sekedar informasi saja bahwa AMIDuOS tidak memiliki aplikasi play store didalamnya, namun sebagai gantinya sudah ada Amazon App Store yang juga tidak kalah banyak aplikasi dan game yang dimilikinya.

Official Website : www.amiduos.com

3. Remix OS Player

Awalnya Remix OS adalah sebuah sistem operasi layaknya Windows dan Mac OS di laptop, namun seiring perkembangan waktu sang developer juga mengembangkan versi emulator untuk penggunannya.

Remix OS Player

Pilihan yang tepat bagi kamu gamer untuk membuat video Youtube misalnya bermain game android di laptop, pasalnya Remix OS Player memang di optimalkan untuk keperluan gaming.

Dan berikut spesifikasi minimum untuk menggunakan Remix OS Player di PC anda.

  • Windows 7 (64-bit) or newer
  • Core i3 (Recommend Core i5 or Core i7) / No support for AMD Chipsets
  • 4GB RAM
  • 8GB Storage (Recommend 16GB)
  • Enabled Virtualization Technology in BIOS (cari tutorialnya di Youtube atau langsung ke situs resminya)

Untuk ulasan yang lebih lengkap mengenai Remix OS Player bisa kamu baca di Winpoin.

Official Website : http://cn.jide.com/remixos-player

4. Bluestack

Bluestack adalah emulator android yang juga sudah cukup lama ada. Bahkan di beberapa update terbaru aplikasi ini semakin canggih dan memiliki tampilan yang keren. Mampi menjalankan hampir semua game yang ada di play store seperti COC, Dragon Nest M, PUBG Mobile, ROS dan masih banyak game terbaik lainnya.

Bluestack

Hanya saja beberapa pengguna banyak yang mengeluh bahwa di update terbaru Bluestack ini sudah kurang bersahabat dengan PC spek minim. Hasilnya terjadilah lag dan juga aplikasi sering crash, namun bila kamu ingin mencoba silakan download versi lawas nya dulu ya.

Official Website : https://www.bluestacks.com/id/index.html

5. MEmu

Aplikasi emulator yang sedang populer saat ini lantaran nyaris bisa memainkan game-game terbaru android yang sedang trend! seperti pubgm, Mobile Legends dan lainnya.

MEmu

Dengan kontrol yang smooth anda tidak perlu khawatir akan mengalami lag saat bermain game. Berdasarkan benchmark, MEmu menempati urutan teratas dibandingkan dengan gadget kelas atas seperti Samsung Galaxy Note 5 dan S6.

Official Website : http://www.memuplay.com

6. Droid4X

Yang patut kamu coba juga dalam hal emulator android terbaik salah satunya adalah Droid4X. Kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah terdapat pada add-ons nya yang bisa membuat kita bermain game di pc dan kontrol lewat smartphone.

Droid4X

Jadi fungsi smartphone disini bisa kita jadikan sebagai stick.

7. Genymotion

Genymotion adalah salah satu emulator android yang patut anda coba. Software ini berjalan lancar hampir di semua jenis perangkat PC dan Laptop bahkan yang jadul. Dulunya software keren ini tersedia secara gratis, namun sekarang anda harus membayar paling murah 136$ setiap tahun untuk menggunakannya.

Genymotion

Namun jangan khawatir jika kamu ingin mencobanya dulu, kamu bisa trial untuk beberapa waktu.

Official Website : https://www.genymotion.com

8. KoPlayer

Mungkin tidak banyak yang menggunakan emulator yang satu ini, padahal juga tidak kalah keren dibandingkan dengan emulator android yang lainnya lho? dan yang paling penting adalah aplikasi ini tersedia GRATIS!

Tertarik untuk menjajal apa saja fitur yang ada didalamnya? Langsung saja kunjungi web resminya pada link dibawah ini.

Official Website : http://www.koplayer.com/id

9. Android Studio

Bagi anda programer aplikasi android mungkin sudah tidak asing dengan software yang satu ini. Sebuah aplikasi yang memiliki banyak sekali fitur dan memang di peruntukkan bagi mereka yang senang belajar coding terutama untuk membuat aplikasi apk.

Android Studio

Nah didalamnya ternyata terdapat sebuah fitur dimana kita bisa menjalan aplikasi android secara live (Emulator).

Official Website : https://developer.android.com/studio/

10. Xamarin

Xamarin adalah software bagi pengembang aplikasi android yang tidak jauh berbeda dengan Android Studio pada nomor 9 diatas. Hanya saja terdapat beberapa fitur menarik didalamnya, nah biar kamu makin gk penasaran cobain aja langsung dengan cara mengunjungi situs resminya ya.

Xamarin

Official Website : https://visualstudio.microsoft.com/xamarin/

Sudah lengkap semua ada 10 software emulator android terbaik yang bisa anda coba, dan berikut sedikit tips dari kami untuk penggunaan yang maksimal.

Tips Menjalankan Emulator Android Agar Tidak Lag

Sebelum memilih emulator android untuk pc anda, sebaiknya anda langsung ke website resminya langsung untuk mengecek apakah spesifikasi PC anda memenuhi untuk menjalankannya. Jika sudah, lalu lakukan beberapa hal berikut ini.

emulator android anti lag

Jangan Membuka Aplikasi Lain Saat Menjalankan Emulator

Karena rata-rata emulator selalu menguras banyak ram dan penggunaan CPU, maka kami sarankan saat ingin menjalankannya pastikan semua aplikasi lain sudah di “close”, atau jika memang perlu, silakan restart PC anda terlebih dahulu.

Upgrade Perangkat Keras (Hardware)

Jika ingin kinerja yang lebih maksimal dan smooth, silakan kalian ganti HDD di laptop/pc kalian menggunakan SSD untuk hasil yang lebih baik. Juga tidak lupa lipat gandakan RAM kalian dari rekomendasi spesifikasi yang telah di tentukan.

Misalnya spek minimum ram adalah 4GB, silakan upgrade menjadi 8GB untuk penggunaan yang lebih ringan.

Upgrade Perangkat Lunak (Software)

Jika anda mengunduh emulator android tidak langsung dari situs resminya, maka bisa jadi versi tersebut bukan yang terbaru. Silakan update melalui menu (jika tersedia) atau download langsung dari situs resminya. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan PC anda untuk rutin melalukan update OS. Ini berlaku untuk Windows 10, 8 dan 7.

Tags: emulator android terbaik 2018