Dijamin Manjur, Ini 5 Tips Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi

AndroidMau.com – Layar sentuh Android Anda tidak berfungsi secara tiba-tiba? Atau memiliki respon yang lambat? Tidak perlu khawatir, jika mengalami hal tersebut bukan berarti smartphone kamu telah rusak kok. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, namun yang pasti akan membuat aktivitas di Android jadi terganggu.

touchscreen

Bagi sebagian orang yang sudah jengkel cenderung memaksa menonaktifkan perangkatnya dengan melepas baterai secara tiba-tiba. Namun, cara ini juga bisa mengakibatkan kerusakan lain di Android. Nah, buat yang sering mengalami hal tersebut, berikut ini 5 tips mengatasi layar sentuh tidak berfungsi.

5 Tips Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi

1. Restart Perangkat

Kondisi lag pada layar sentuh seringnya disebabkan karena terlalu banyaknya aktivitas yang terjadi di perangkat dalam satu waktu. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Semakin banyak aplikasi berjalan, maka prosesor juga akan bekerja ekstra sehingga lambat dalam membaca perintah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa merestart perangkat agar Android bisa lebih fresh lagi. Atau, bisa juga dengan mematikan dan mendiamkannya sejenak untuk beristirahat dan mengaktifkannya kembali setelah 20-15 menit.

2. Membersihkan RAM dan Internal Memory

Faktor lainnya yang mempengaruhi kinerja Android menjadi lemot yaitu penggunaan RAM dan memori internal yang berlebihan. Kelemotan ini biasanya akan berpengaruh pada semua kinerja di Android, termasuk responsivitas layar sentuh.

Nah, untuk menanggulangi layar sentuh tidka berfungsi akibat hal tersebut perlu dilakukan pembersihan RAM dan juga memori internal. Batasilah penggunaan aplikasi serta penyimpanan file di dalam perangkat. Sebaiknya segera hapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan.

3. Melakukan Kalibrasi

Setiap perangkat Android memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda menyesuaikan dengan pengaturan pabriknya. Saat layar sentuh Android Anda tidak berfungsi, bisa dipulihkan dengan melakukan kalibrasi pengaturan touchscreen. Pengaturan kalibrasi ini bisa dilakukan dan dicari pada menu pengaturan di setiap HP Android.

4. Mengaktifkan GPU 2D Rendering

Tips lainyya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi layar sentuh perangkat yang tidak berfungsi yaitu dengan mengaktifkan GPU 2D Rendering. Fitur ini digunakan untuk meringankan elemen antar muka pada perangkat sehingga transisi pada Android bisa berjalan dengan normal. Fitur ini berada dalam menu Opsi Pengembang (Developer Option).

Biasanya, pada Android yang masih baru dan belum pernah diutak-atik menu ini perlu dimunculkan terlebih dahulu pada perangkat. Cara memunculkannya sangatlah mudah, pengguna cukup melakukan tap 7x pada Buid Number di menu Tentang Perangkat About Phone, maka Opsi Pengembang akan muncul di menu pengaturan paling bawah.

5. Reset Perangkat

Tips terakhir yang bisa dilakukan jika semua cara diatas tidak mempan yaitu dengan melakukan penyetelan ulang (reset) pada Android. Dengan cara ini, nantinya perangkat akan kembali ke penyetelan pabrik layaknya seperti baru dan semua aplikasi selain aplikasi bawaan akan terhapu.

Bahkan, semua data di dalamnya juga akan terhapus selama proses penyetelah. Oleh sebab itu, pastikan membackup data terlebih dahulu sebelum mereset Android.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi perangkat Android mengalami masalah lag pada layar sentuhnya. Sebaiknya, untuk menghindari adanya lag lagi, bijaklah dalam menggunakan perangkat, terutama masalah penggunaan RAM.

Berikanlah waktu untuk smartphone Anda beristirahat setiap harinya, karena penggunaan yang berlebihan akan membuat prosesornya memiliki respon yang lemah. Sama halnya manusia, smartphone juga memiliki batasan dalam bekerja. Semoga bermanfaat.