(6 Langkah) Cara Mengatasi Layar Sentuh Terlalu Sensitif di Android

AndroidMau.com – Layar sentuh terlalu sensitif tentu sangat tidak enak bila kita alami pada smartphone. Hasilnya mau tap menu saja selalu salah lantaran layar sentuh yang terlalu responsive, hasilnya kegiatan menggunakan gadget jadi tidak menyenangkan lagi.

touchscreen

Jika umumnya masalah yang sering terjadi adalah karena touchscreen yang kurang responsive, namun malah beberapa pengguna mengalami masalah layar sentuh yang terlalu sensitif terutama pada jenis ponsel Android.

Jika anda mengalami hal tersebut, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Terlalu Sensitif di Android

1. Pastikan Layar Hp Anda Dalam Kondisi Baik

Hal pertama yang harus anda pastikan adalah kondisi fisik dari layar hp anda, apakah dalam kondisi yang baik seperti misalnya tidak pernah jatuh atau pecah? Karena banyak yang mengalami masalah ini sesudah terjadi benturan terhadap smartphonenya.

2. Cek Pengaturan

Jika anda sudah yakin tidak ada masalah pada fisiknya, sekarang tugas anda cek di pengaturan ponsel. Setiap ponsel Android memiliki menu kalibrasi dimana pada menu ini anda bisa mengatur resposivitas layar sentuh di ponsel anda.

3. Pilih Menu Kalibrasi

Jika anda sudah menemukan pengaturan ini (biasanya terdapat di setting ponsel ataupun di developer options), silahkan anda pilih menu tersebut lalu ponsel akan menjadi blank tampilannya.

4. Lakukan Kalibrasi

Saat sudah masuk ke tampilan calibration, maka akan muncul tulisan “klik salah satu layar untuk melakukan kalibirasi”

5. Ikuti Petunjuk

Tekan pada sembarang tempat, nanti anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh ponsel.

6. Tahap Akhir

Jika anda sudah menyelesaikan beberapa perintah yang diberikan, maka ponsel akan kembali seperti sedia kala khusus untuk pengaturan touchscreennya.

Dan begitulah untuk cara mengatasi layar sentuh yang terlalu sensitif. Jika anda sudah melakukan cara diatas namun masalah masih ada, silahkan bawa ponsel anda ke service center karena bisa jadi kerusakan ada pada bagian hardwarenya.