15 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik (Samsung, Xiaomi, Vivo)

AndroidMau.com – Bagi para pengguna smartphone Samsung kebanyakan memiliki banyak aplikasi pada hp yang membuat kinerja hp menjadi lambat. Kapasitas memori smart phone samsung yang besar membuat para pengguna banyak menginstal aplikasi. Permasalahan yang sering muncul adalah baterai cepat habis.

Pastinya bukan tanpa sebab kalau baterai cepat habis, biasanya digunakan untuk sosial media, nonton video youtube dan yang paling sering menguras daya adalah bermain game online.

Jadi saya sarankan saat pertama kali membeli silahkan sesuaikan dengan kebutuhan saja, misalnya hanya butuh untuk nelpon saja, buat gaming atau buat foto-foto saja dan pilih kapasitas baterai yang besar misalnya 4000 mah.

Namun tenang saja, karena sekarang sudah ada aplikasi penghemat baterai yang bisa digunakan pada baterai tanam ataupun baterai biasa di semua hp Android termasuk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan bahkan ponsel lain.

15 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik di Android

1. DU Battery Saver

DU Battery Saver

Du battery saver dinobatkan menjadi salah satu aplikasi penghemat baterai yang bagus dan oke. Hal yang pertama bisa dilakukan adalah dengan mendownload aplikasi melalui playstore.

Setelah aplikasi berhasil terunduh maka akan otomatis terinstal dan langsung bisa digunakan. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan hanya dengan sekali sentuh menu optimizer

Aplikasi DU battery saver ini bekerja untuk menghemat baterai dengan menghapus cache yang tidak penting. Selain itu jika hp terlalu banyak aplikasi maka akan muncul pemberitahuan untuk menguninstal aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Banyak review positif untuk review aplikasi ini sehingga sangat terpercaya dan recommended bagi para pengguna hp samsung.

2. Boost Battery Saver

Boost Battery Saver

Aplikasi penghemat baterai Android yang menjadi salah satu favorit pengguna hp adalah boost battery saver. Masing- masing aplikasi memiliki karakteristik tersendiri.

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan memudahkan bagi pengguna. Untuk menghemat daya pada hp bisa melalui 3 cara. Fitur yang ada didalamnya memberikan kesempatan pengguna untuk memilih.

Kinerja boost battery saver ini dapat mengoptimalkan mode sleep sebagai salah satu cara menghemat baterai. Selain itu aplikasi ini bisa menutup beberapa aplikasi yang masih terbuka dan menyebabkan baterai cepat boros.

Untuk mendapatkan aplikasi ini sangat mudah melalui playstore dan gratis. Banyak orang yang memilih aplikasi ini untuk smart phone.

3. Battery Optimizer

Battery Optimizer

Battery optimizer bisa dipilih sebagai aplikasi penghemat baterai baik untuk samsung, oppo, xiaomi dan vivo. Sudah banyak orang yang mempercayakan aplikasi ini.

Banyak para pengguna smartphone yang terkadang tidak sadar telah membuka banyak aplikasi dan lupa menutup kembali. Pada aplikasi ini akan muncul rekap penggunaan aplikasi saat digunakan dan aplikasi yang menyebabkan baterai cepat habis.

Aplikasi battery optimizer ini sangat user friendly karena mudah digunakan. Hanya dengan menekan tombol optimasi baterai maka akan memproses dengan sendirinya.

Beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan akan otomatis tertutup. Review dari aplikasi ini cukup banyak dan bagus. Battery optimizer terbukti dapat menghemat baterai lebih lama yaitu hampir 50 %.

Baca juga : 5 Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Agar Baterai Awet dan Kembali Hemat

4. Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life adalah aplikasi penghemat baterai yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan pengguna android. Hanya dengan mengunduh aplikasi ini melalui play store maka pengguna sudah bisa mengoptimalkan baterai.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menutup atau mengakhiri aplikasi yang sudah tidak digunakan. Selain itu beberapa cache akan hilang dengan sendirinya.

Aplikasi Kaspersky Battery Life memiliki rating yang cukup tinggi serta banyak komentar yang mendukung dan positif. Sehingga aplikasi ini sangat direkomendasikan sebagai aplikasi penghemat baterai yang mudah digunakan.

Selain itu tampilan dari aplikasi ini sangat menarik dan mudah dipahami. Telah banyak orang yang mempercayakan kaspersky untuk optimasi baterai.

5. Go Battery Saver

Go Battery Saver

Bagi para pengguna android yang ingin menghemat baterai maka bisa menginstal Go battery saver. Aplikasi ini merupakan aplikasi penghemat baterai samsung yang efektif.

Perbedaan dari aplikasi yang lain adalah go battery saver mampu menjaga baterai cepat penuh. Terdapat 2 fitur unggulan pada aplikasi ini yaitu power testing dan toggle control.

6. Avast Baterai Saver

Avast Baterai Saver

Avast Baterai Saver akan membantu anda memanjangkan penggunaan bateari dan masa pakai baterai anda. Seperti biasanya, Avast selalu menghadirkan tampilan yang sederhana dan tampak terlihat mewah.

Kerjanya dalam menghemat baterai adalah dengan menghentikan aplikasi berjalan yang sedang tidak digunakan. Juga ada beberapa profil yang bisa kita atur, bahkan waktu profil saat ingin diaktifkan juga kita bisa tentukan.

Terdapat 5 mode atau profil yang bisa dipilih, diantaranya : Rumah, Kerja, Pintar, Malam dan Darurat. Aplikasi Avast Baterai Saver juga sudah mendapatkan review positif dari para penggunanya di play store.

7. Battery Doctor

Battery Doctor

Battery Doctor adalah salah satu aplikasi penghemat baterai yang bisa kita coba untuk smartphone. Pasalnya aplikasi ini memberikan fitur satu klik / one tap untuk memaksimalkan penggunaan baterai.

Kita juga bisa memantau pengisian daya dengan memanfaatkan fitur master pengisi daya, jadi kita tau kapan dan butuh berapa lama smartphone tersebut di charger.

Tersedia juga widget yang bisa langsung di akses oleh pengguna seperti ke wifi, data, kecerahan layar dan lain lain yang berhubungan dengan daya. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis di play store.

Baca juga : 7 Cara Merawat Hp Baterai Tanam Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

8. Accu​Battery

Accu​Battery

Aplikasi ini mungkin tidak cocok jika disebut sebagai aplikasi penghemat daya, namun kita bisa mengontrol keadaan baterai mulai dari suhu, penggunaan aplikasi yang banyak menggunakan daya hingga berapa besar arus yang masuk saat di charger.

Pentingnya memonitoring keadaan baterai ponsel anda karena dapat memperpanjang umur baterai anda. Perhatikan suhu baterai dan jaga agar tidak terlalu panas baik saat bermain game dan aktivitas yang menguras daya lainnya.

Jika kamu penasaran dengan fitur-fitur lainnya, langsung saja coba sendiri dengan mengunduhnya di play store.

9. Greenify

Greenify

Salah satu aplikasi penghemat baterai yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Greenify. Saya pernah menggunakan aplikasi di hp Asus Zenfone saya yang saat itu boros banget baterainya.

Ternyata setelah di cek banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang meskipun sudah ditutup. Lalu saya gunakan Greenify ini untuk menidurkan atau membekukan beberapa aplikasi tadi.

Dampaknya sangat besar, hp saya jadi lebih irit baterainya dan sejak saat itu aplikasi yang ditidurkan tidak muncul lagi alias tidak berjalan dengan sendirinya lagi.

10. Battery Saver – baterai

Battery Saver - baterai

Dengan sekali tap saja kita bisa langsung menghemat baterai di Android kita dengan menggunakan Battery Saver – baterai ini. Dapatkan juga real time monitor kondisi baterai serta fitur untuk membuat suhu hp jadi tidak panas.

Saat keadaan darurat alias baterai minim, anda bisa mengaktifkan mode power saving dimana pada mode ini penghematan daya akan benar-benar dilakukan.

Battery Saver – baterai juga akan menjaga keamanan smartphone kalian saat di charging. Pada mode ini akan ditampilkan berapa persen baterai sudah terisi serta suhu pada baterai.

11. Power Battery

Power Battery

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa yang paling boros dengan penggunaan daya baterai adalah aplikasi yang sedang berjalan. Yang lebih mengesalkan lagi aplikasi tersebut meski sudah ditutup, tetap berjalan dilatar belakang.

Namun dengan Power Battery semua itu dapat kita atasi dengan mudah. Terdapat juga mode penghematan saat baterai dalam keadaan sekarat dan tidak ada charger disekitar kita.

Aplikasi ini cukup membantu pada saat melakukan perjalanan jauh dimana kita sulit untuk mendapatkan charger di saat perjalanan. Mau mencobanya? Silahkan unduh saja di play store.

Baca juga : 5 Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android yang Tiba-Tiba Habis

12. Super Battery

Super Battery

Super Battery menjaga baterai hp anda agar lebih lama digunakan. Serta akan menjaga suhu baterai agar tidak terlalu panas baik saat bermain game ataupun sedang di charging.

Tersedia fitur fast charging bagi anda yang lagi buru-buru ingin pergi namun baterai hp dalam keadaan sekarat. Teknolog fast charging ini secara sekilas membuat baterai hp anda penuh.

Yang tidak kalah keren juga ada fitur junk cleaner, dimana aplikasi secara otomatis akan membersihkan smartphone kita dari file-file yang sudah tidak digunakan.

13. Super Battery Life

Super Battery Life

Aplikasi Super Battery Life akan meningkatkan durasi pemakaian baterai baik pada hp xiaomi dan samsung secara ampuh. Selain itu juga, aplikasi ini akan berusaha untuk merawat baterai ponsel agar tetap terjaga dengan baik.

Tidak perlu pengaturan yang ribet, hanya dengan sekali sentuh kalian sudah bisa menghemat daya dengan mudah. Menutup beberapa aplikasi yang dinilai terlalu boros menggunakan daya.

Aplikasi Super Battery Life sudah mendapatkan banyak review dari penggunanya di Play Store dan telah mendapatkan rating yang cukup bagus yaitu 4,6.

14. Battery Pro Saver

Battery Pro Saver

Pernah gak saat main game atau buka sosmed dalam waktu lama hp sering panas pada bagian baterainya? Pastinya sering kan, apalagi jika menggunakan koneksi data di hp, pasti akan panas banget.

Beruntung sekarang sudah ada Battery Pro Saver yang mengklaim bahwa mereka memiliki fitur dimana dapat mendinginkan baterai Android secara ampuh dan cepat.

Hanya satu kali klik saja kalian bisa langsung menghemat baterai, terdapat juga fitur untuk menampilkan semua informasi baterai di layar ponsel kalian.

15. Battery Widget Reborn

Battery Widget Reborn

Aplikasi penghemat baterai yang satu ini memiliki tampilan yang cukup unik dengan presentasi atau indikator baterai dibuat dengan lingkaran yang membuat tampilan hp kalian jadi lebih keren.

Fungsi penghemat daya yang diberikan juga sangat bermanfaat, fitur ini akan aktif secara otomatis pada malam hari dimana smartphone tidak sama sekali digunakan.

Ada juga fitur tambahan seperti senter yang berguna saat mati lampu. Jadi saat hal tersebut terjadi, kalian tidak perlu repot-repot mencari senter terlebih dahulu, tinggal menekan icon senter maka lampu flash kamera akan menjadi penerangan darurat.

Battery Widget Reborn dapat kalian unduh secara gratis di play store.

Baca juga : 6 Langkah Pencegahan dan Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas!

Beberapa aplikasi penghemat baterai diatas bisa dijadikan rekomendasi untuk mengoptimalkan kerja ponsel dan menghemat baterai. Ada banyak karakteristik yang dimiliki setiap aplikasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa aplikasi diatas terbukti cukup efektif dan ampuh untuk menghemat baterai dan bisa menjadi solusi agar baterai tetap penuh. Tunggu apalagi? Yuk langsung cobain aja sekarang.