7 Cara Cek Keaslian Samsung Secara Akurat, Hp Tiruan atau Asli?

AndroidMau.com – Saat ini ada beberapa ponsel Samsung yang dibuat secara replika dan dijual dengan harga murah. Dari segi fisik hampir tidak ada cacat sama sekali, untuk orang awam tidak mampu untuk membedakan mana yang asli atau palsu.

Cara Cek Keaslian Samsung Secara Akurat

Bahkan untuk orang yang sudah berpengalaman kadang masih terkecoh dengan model dan tampilan yang “sangat mirip” tersebut. Hp tiruan samsung ini biasanya disebut super copy atau king copy, biasa disebut juga hdc dan umumnya dijual dengan harga yang jauh dari pasaran hp samsung pada biasanya.

Jika masih bingung bagaimana cara cek keaslian Samsung, tidak perlu cemas karena akan dibahas secara rinci. Berikut ini adalah 7 cara yang bisa diterapkan untuk mengecek keaslian ponsel Samsung sebelum membelinya.

1. Melihat Nomor IMEI

IMEI adalah identitas unik yang tertanam pada masing-masing ponsel dan tidak ada yang bisa menduplikatnya. Perhatikan nomor IMEI yang terdapat dalam boks HP yang dibeli tadi. Pastikan IMEI yang tertera sama dengan IMEI pada ponsel.

Cara melakukan pengecekan IMEI Samsung adalah dengan melakukan dial #60# di menu telepon, lalu klik call. Nantinya akan diperlihatkan nomor IMEI ponsel tersebut dan cobalah untuk dicocokkan dengan yang ada di boks.

Pengecekan nomor IMEI tersebut melalui situs online seperti http://www.imei.info/ untuk memastikan keasliannya.

2. Cek Kondisi Fisik Ponsel

Salah satu cara cek keaslian Samsung paling mudah adalah dengan memperhatikan kondisi fisiknya. Setiap ponsel Samsung identik dengan logo tulisan yang ada di atas layar. Cobalah untuk merabanya, pada ponsel yang asli tulisan tersebut tidak timbul dan halus.

Apabila ternyata tulisan tersebut timbul dan teksturnya kasar, dapat dipastikan bahwa itu palsu. Selain itu, kualitas tombol yang ada juga mencerminkan keasliannya. Jika tombol home, volume dan lain-lain lebih keras dan posisinya tidak wajar, maka sudah pasti bahwa itu yang palsu.

3. Cek Memory Internal

Pada ponsel Samsung yang asli, biasanya akan menggunakan memory internal dengan kelipatan 8 GB, contohnya 16 GB, 32 GB dan seterusnya.

Cek Memory Internal

Berbeda dengan Samsung yang palsu biasanya akan menggunakan internal yang lebih rendah dari aslinya, contohnya 4 GB. Disisi lain, sisa memory internal setelah digunakan oleh sistem lebih kecil dibandingkan yang asli.

4. Tes Kualitas Kamera

Kualitas kamera Samsung memang tidak perlu diragukan lagi. Sebagian ponsel Samsung akan menghasilkan foto yang bersih, tajam dan memiliki komposisi warna yang baik.

Tes Kualitas Kamera

Akan tetapi, pada ponsel Samsung palsu kualitas fotonya tidak sebaik yang asli. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh komponen kamera yang digunakan tidak sama.

5. Perhatikan Spesifikasinya

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan spesifikasi ponsel Samsung yang dibeli dengan spesifikasi resminya. Cobalah untuk membuka situs terpercaya yang berisikan informasi spesifikasi hp yang dibeli tadi.

Amati dan cocokkan spesifikasinya satu per satu. Apabila ada 1 yang berbeda dan itu tergolong fatal, maka dapat dipastikan hp Samsung tadi palsu.

6. Tes AnTutu Benchmark

Cara selanjutnya adalah menggunakan pihak ketiga, yaitu aplikasi AnTutu Benchmark. Download terlebih dahulu aplikasi ini di Google Play Store, kemudian jalankan aplikasinya.

Tes AnTutu Benchmark

Tunggulah sampai proses pengujian selesai dan hasilnya keluar. Ketika hasilnya sudah keluar, cobalah browsing berapa AnTuTu Benchmark dari ponsel Samsung tadi.

Apabila hasil tes tadi sama seperti hasil tes pada umumnya, maka ponsel tersebut asli. Namun, apabila hasilnya jauh lebih rendah, dapat dipastikan palsu.

Perlu diperhatikan bahwa Samsung hanya menggunakan 2 prosesor saja, yaitu Exynos dan Snapdragon. Jika tidak menggunakan prosesor di atas, maka ponsel Samsung yang dibeli palsu.

7. Menggunakan Kode Rahasia

Setiap brand ponsel memiliki kode rahasia untuk mengetahui keasliannya. Begitu juga dengan Samsung yang memiliki kode khusus.

Caranya adalah dengan melakukan dial *#0*# lalu klik Call. Jika nanti diarahkan ke menu LCD Test, maka hp Samsung tersebut asli. Namun bila tidak diarahkan, bisa dipastikan bahwa itu palsu.

Baca juga:

Itulah 7 cara cek keaslian Samsung yang bisa diterapkan pada ponsel Samsung yang akan atau sudah dibeli. Jangan tergiur dengan harga yang ditawarkan ya. Karena ponsel palsu biasanya akan lebih sulit untuk diperbaiki ketika rusak nanti.