5 Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Agar Baterai Awet dan Kembali Hemat

AndroidMau.com – Xiaomi merupakan salah satu vendor ponsel yang sampai saat ini memiliki pengguna yang sangat besar. Di samping itu, harga ponsel Xiaomi di pasaran juga mudah dijangkau semua kalangan. Namun meski begitu, bukan berarti pengguna tidak memiliki kelu kesah terhadap ponsel asal cina tersebut.

5 Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Agar Baterai Awet dan Kembali Hemat
Xiaomi Redmi Note 7

Salah satu yang bisa membuat bosan adalah daya baterai yang kian lama semakin boros penggunaannya. Meskipun hal ini bisa disebabkan karena faktor tertentu seperti pemakaian dan kebiasaan yang buruk.

Setiap penggunanya tentu memiliki keinginan agar baterai ponselnya awet. Salah satunya anda bisa melakukan kalibrasi baterai Xiaomi anda. Untuk itu, berikut adalah 5 cara kalibrasi baterai xiaomi agar baterai ponsel awet.

1. Menggunakan Aplikasi Battery Calibration

Tidak dapat dipungkiri sekarang banyak beredar aplikasi yang berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai, salah satunya battery calibration.

Aplikasi battery calibration adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk kalibrasi baterai di semua ponsel, tidak hanya pada xiaomi saja. Di samping itu, aplikasi battery calibration ini bisa diunduh secara gratis.

Aplikasi Battery Calibration

Untuk mengunduhnya, buka Google Play Store dan cari “Battery Calibration“. Berikutnya pilih Pasang atau Install. Setelah selesai, buka aplikasinya dan tancapkan charger kemudian tunggu sampai penuh.

Jika sudah penuh, tekan Kalibrasi dan jangan cabut charger sebelum proses kalibrasi selesai. Jika sudah selesai dikalibrasi maka akan muncul notifikasi Kalibrasi selesai.

2. Mengisi Daya Baterai Sampai Penuh

Di samping menggunakan aplikasi, cara kalibrasi baterai xiaomi juga bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Hal ini bisa dicoba bagi para pengguna xiaomi yang tidak percaya dengan aplikasi yang biasanya tersedia di Google Play Store.

Mengisi Daya Baterai Sampai Penuh

Aplikasi untuk kalibrasi biasanya tidak dapat mengkalibrasi dengan baik sehingga para pengguna xiaomi bisa mencoba cara ini.

  • Langkah pertama untuk mengkalibrasi baterai secara manual adalah dengan charge terlebih dahulu baterai ponsel sampai penuh 100%.
  • Selanjutnya matikan ponsel dan charge sampai penuh. Berikutnya hidupkan lagi ponsel dan gunakan sampai baterai kosong.
  • Jika sudah kosong, biarkan ponsel mati selama 15 menit kemudian charge dalam keadaan mati sampai penuh.

3. Mengkalibrasi Baterai Melalui TWRP

Tidak hanya menggunakan cara yang manual, TWRP atau yang juga bisa disebut dengan custom recovery juga bisa digunakan untuk kalibrasi baterai.

Mengkalibrasi Baterai Melalui TWRP

Biasanya ponsel yang sudah di root akan terinstall TWRP karena untuk proses rooting membutuhkan custom recovery seperti TWRP.

  • Untuk menggunakan cara ini, matikan ponsel terlebih dahulu.
  • Setelah itu tekan volume atas bersamaan dengan tombol power kemudian tunggu sampai masuk ke menu TWRP.
  • Jika sudah, masuk ke bagian Advance Section lalu pilih Hapus statistik baterai.
  • Jika sudah memilih pilihan tersebut, restart ponsel dan gunakan sampai baterai kosong dan isi baterai ponsel sampai penuh.

4. Menggunakan Aplikasi Battery Monitor

Selain menggunakan aplikasi Battery Calibration, Battery Monitor juga bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi ponsel Xiaomi. Aplikasi ini hanya berupa widget sehingga tidak akan membuat kapasitas ponsel menjadi penuh.

Aplikasi Battery Monitor

Untuk menginstall aplikasi ini, seperti biasa install melalui Google Play Store dan buka jika sudah selesai memasang dari Play Store.

Jika aplikasi sudah dibuka, maka akan muncul informasi serta kapasitas dari baterai ponsel itu sendiri.

Untuk mengkalibrasinya, lakukan pengisian sampai kapasitas baterai pada aplikasi tersebut terisi sampai penuh.

5. Menggunakan Cara Manual Terbukti Ampuh

Jika dari cara nomor dua tidak berhasil, maka pengguna xiaomi bisa menggunakan cara yang satu ini.

  • Pertama charge ponsel dalam keadaan mati sampai terisi penuh 100% lalu biarkan hingga satu jam.
  • Setelah itu, nyalakan ponsel dan gunakan sampai habis.
  • Cara ini memang terlihat mudah tetapi kemungkinan untuk awet bisa kecil atau besar tergantung dari penggunaan baterai.

Ponsel xiaomi saat ini cukup menggantikan keberadaan Nokia sebagai ponsel sejuta umat. Di samping harganya murah, ketahanan baterainya juga bermacam-macam.

Baca juga:

Agar baterai ponsel tetap awet, tentunya para pengguna xiaomi bisa mencoba cara kalibrasi baterai xiaomi di atas. Cara di atas sudah pasti dapat menghemat baterai.