3 Cara Kalibrasi Layar Sentuh untuk Semua Tipe Ponsel Android

AndroidMau.com – Punya masalah dengan layar sentuh di ponsel Android? Seperti misalnya ada beberapa bagian layar yang tidak bisa disentuh atau terdapat dead pixel kecil yang membuat anda risih melihatnya. Umumnya masalah ini terjadi disebabkan oleh sistem, dan dapat diatasi dengan cara yang mudah.

3 Cara Kalibrasi Layar Sentuh untuk Semua Tipe Ponsel Android

Salah satu cara yang paling gampang untuk dilakukan adalah melakukan kalibrasi layar sentuh. Terdapat 3 aplikasi untuk mengetes layar sentuh, disini kami akan jabarkan satu-satu hingga anda benar paham.

Daripada harus datang ke tukang servie yang membutuhkan biaya tidak sedikit? Mending anda coba sendiri dulu dirumah dengan aplikasi gratis ini, apakah benar-benar lcd rusak sehingga minta ganti atau hanya masalah teknis pada sistem.

1. Kalibrasi Layar Sentuh

Apakah anda merasa respon layar sentuh anda lambat atau lemot dan merasa tidak akurat? Dengan aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh anda bisa mengetes keadaan touchscreen anda.

Kalibrasi Layar Sentuh

Dalam aplikasi ini anda akan dipandu untuk melakukan kalibrasi secara otomatis dengan hanya menekan beberapa kali dan pada bagian layar sentuh.

Ukuran aplikasinya juga sangat ringan yakni hanya sekitar 2 MB saja, jadi tidak perlu khawatir akan memberatkan kinerja ponsel anda saat menggunakan aplikasi ini. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store.

2. Screen Repair and Calibrator

Mungkin anda akan merasa kebingungan seperti saya dengan aplikasi ini saat download dan memasangnya di Android. Sebab saat belum terpasang aplikasi ini bernama Screen Repair and Calibrator dan setelah terpasang menjadi Touchscreen Repair. Namun tidak masalah apa saja namanya yang penting bisa kita gunakan untuk kalibrasi layar sentuh dengan baik.

Screen Repair and Calibrator

Saat anda memulai test, aplikasi ini akan memberikan panduan dimana saja harus ditekan dan lengkap dengan respon time dalam bentuk ms. Setelah melakukan beberapa langkah mudah yang telah diberikan, maka silahkan lakukan reboot pada perangkat anda untuk mengetahui hasilnya.

Saya tes menggunakan Xiaomi Redmi Note 7 hasilnya cukup mengesankan dan bisa dipercepat lagi. Tentunya juga bisa untuk perangkat lain seperti Samsung, Sony Xperia, Oppo dan Vivo.

3. Touchscreen Test

Aplikasi Touchscreen Test sangat berguna untuk mengetahui apakah ada dead pixel pada layar sentuh ponsel kita. Aplikasi ini bekerja dengan cara menampilkan titik-titik kecil yang harus kita tekan semua hingga berubah warna menjadi hijau dan pastikan semua sudah berwarna hijau seperti pada gambar dibawah ini.

Touchscreen Test

Jika semua sudah ditekan dan berhasil berwarna hijau seluruhnya, maka bisa anda pastikan tidak ada dead pixel dan bagian layar sentuh yang rusak sehingga semua berfungsi secara normal dan baik.

Cukup keren untuk mengetes layar sentuh bukan? Selain itu aplikasi ini juga memiliki size yang kecil sehingga sangat rekomended untuk dicoba. Aplikasi Touchscreen Test ini dapat anda download secara gratis di play store.

Manfaat Melakukan Kalibrasi Layar Sentuh

Adapun sisi positif dari cara melakukan kalibrasi layar sentuh yang bisa kita dapatkan adalah layar sentuh akan mendapatkan performa yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu apabila kita rutin melakukan kalibrasi layar sentuh setidaknya sebulan sekali atau dua bulan sekali, maka akan membuat touchscreen lebih optimal dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu panjang.

Baca juga:

Pada beberapa tipe ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo mungkin sudah terdapat fitur untuk melakukan kalibrasi test pada layar sentuh. Namun pada kebanyakan perangkat masih belum support terhadap fitur ini.