5 Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android yang Tiba-Tiba Habis

AndroidMau.com – Sudahkah anda tahu bagaimana cara memperbaiki indikator baterai android dengan cepat dan tepat? Karena hampir dari 80% aktivitas keseharian orang-orang zaman sekarang melibatkan smartphone, pastinya permasalahan baterai menjadi kendala utama bagi para pemakainya. Bagaimana tidak, terkadang sudah di charge lama, namun prosentase baterai menunjukkan di angka situ-situ aja, tanpa ada perubahan naik atau turun.

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android yang Tiba-Tiba Habis

Kemudian ada juga permasalahan, baru di charge sebentar namun indicator baterai sudah menunjukan angka 100% yang berarti sudah menyatakan penuh. Namun belum ada 1 jam, baterai sudah lowbet lagi. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Penyebab Rusaknya Indikator Baterai Android

Sebelum membahas tentang bagaimana mengatasi baterai android tiba tiba habis, anda harus paham dulu apa saja yang menyebabkan indikator baterai tersebut rusak. Sehingga anda bisa mencegahnya.

Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati atau mengatasi suatu permasalahan. Berikut adalah 2 keadaan yang menyebabkan indikator baterai android rusak.

  • Drain Baterai, adalah keadaan dimana daya baterai cepat sekali berkurang, bahkan jika hp sedang tidak digunakan. Jarak baterai habis sejak habis di charge kurang lebih hanya 30 menit sampai 1 jam.
  • Baterai kembung, adalah keadaan dimana baterai selalu menerima daya yang berlebih. Sehingga bentuk fisik atau kondisi baterai akan menggembung. Biasanya hal ini disebabkan karena anda terlalu sering mengabaikan hp yang sedang di charge, sehingga membiarkan baterai full terlalu lama.

Solusi Serta Cara Memperbaiki Indikator Baterai

Walaupun mungkin anda sudah membeli daya baterai hp yang besar mencapai 4000 atau 5000 mAh, tetap saja anda harus menjaga perilaku buruk yang bisa menyebabkan 2 kondisi diatas terjadi.

Namun jika sudah terlanjur, maka ada 3 cara memperbaiki indikator baterai android secara cepat dan tepat tanpa harus menggantinya dengan yang baru. Simak 3 informasinya dibawah ini

1, Melakukan Kalibrasi Baterai Secara Manual

Untuk memperbaiki indikator baterai kembali normal seperti semula, anda bisa melakukan cara pertama ini yaitu mengkalibrasi baterai secara manual. Caranya adalah;

  1. Biarkan baterai habis atau kosong sampai 0%, namun tidak dengan cara dipaksa atau menghabiskannya dengan telponan atau bermain game. Buat baterai habis dengan sendirinya. Karena kalau dipaksa bisa jadi baterai android eror dan tidak mau menyala lagi.
  2. Kemudian charge baterai dalam keadaan hp mati. Dan jangan dinyalakan sampai baterai benar-benar full 100%.
  3. Lakukan 2 langkah diatas secara terus menerus selama 2 sampai 3 harian. Lalu lihat hasilnya, prosentase baterai akan lebih awet, tahan lama tanpa harus menggantinya dengan baterai baru.

2. Melakukan Kalibrasi Baterai Dengan Aplikasi (ROOT)

Jika cara memperbaiki indikator baterai android diatas tidak berfungsi, langsung melakukan cara kalibrasi dengan cara 2. Yaitu menggunakan aplikasi atau biasa disebut dengan ROOT.

Begini caranya :

  1. Charge hp seperti biasanya menggunakan charge hp yang asli atau bawaan dari pabriknya.
  2. Kemudian, tunggu hingga baterai hp terisi penuh 100%
  3. Setelah itu tekan option “Battery Calibration” pada layar
  4. Lalu, cabut kabel charger dari hp.

3. Melakukan Kalibrasi Menggunakan Recovery Mode

Jika semua cara kalibrasi baterai android diatas tidak berfungsi dan indikator baterai masih rusak sama seperti semua, maka saatnya melakukan kalibrasi dengan recovery mode.

Ikuti caranya dibawah ini.

  1. Matikan hp android anda, lalu tekan tombol volume atas bersamaan dengan tombol power. Tidak lama setelah itu anda akan masuk ke recovery mode.
  2. Kemudian pilih menu “advanced section” dan lanjutkan klik “Hapus Statistik Baterai”
  3. Dan cara memperbaiki indikator baterai android terakhir adalah dengan menghidupkannya, menggunakan hp seperti biasa sampai baterainya habis, kemudian di charge seperti biasa sampai 100% dan lihat hasilnya sendiri.
  4. Dengan memperhatikan beberapa cara memperbaiki indicator baterai pada Android ini akan membantu Anda agar lebih mudah.

4. Mengganti Custom ROM

Indikator Android error juga bisa disebabkan karena penggunaan custom rom abal-abal alias bukan resmi dari Vendor hp tersebut. Misalnya Xiaomi dengan MIUI, Oppo dengan ColorOS dan lainnya.

Jika terjadi indikator baterai hp error karena kamu menggunakan custom rom, maka saran kami silahkan kembalikan ke rom resmi dari hp kamu.

5. Ganti Baterai

Jika semua cara diatas sudah dilakukan namun masalah tidak kunjung selesai, maka saran kami silahkan ganti dengan baterai baru yang original dan bisa kamu beli di marketplace.

Baca juga : 6 Langkah Pencegahan dan Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas!

Merawat baterai biasa maupun baterai tanam sangat penting agar tetap awet dan bertahun-tahun digunakan. OIeh karena itu, lakukan setiap langkah cara memperbaiki indikator baterai android di atas dengan baik dan benar. Sehingga indicator baterai Android bisa kembali bekerja dengan baik.

You May Also Like

About the Author: Wildan