3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram

AndroidMau.com – Sepertinya cara memperbaiki kamera depan Android yang buram sedang banyak dicari para pengguna Android. Mengingat meskipun saat ini fitur kamera depan ponsel Android kian canggih, namun seiring berjalannya waktu, tentu saja lensa kamera bisa memiliki hasil jepretan yang buram. Padahal kamera depan Android merupakan kebutuhan penting para penggemar selfie, terutama kaum wanita.

Cara Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram

Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui cara memperbaiki kamera depan yang buram.

Penyebab Kamera Depan Android Buram

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memperbaiki kamera depan Android yang buram, mungkin sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa penyebab lensa kamera menjadi buram, berikut diantaranya:

Pelindung Lensa Tergores

Salah satu penyebab lensa kamera memiliki hasil jepretan yang buram yaitu karena sering bergesekan dengan permukaan benda yang kasar dan padat.

Misalnya ketika Anda sering mengeluarkan dan memasukkan ponsel dari saku yang ketat. Hal tersebut akan memungkinkan kamera depan ponsel menjadi tergores atau lecet.

Kaca Pengaman Lensa yang Berembun

Sebagai pengguna smartphone, mungkin Anda pernah mendapati ponsel yang panas ketika digunakan terus menerus. Hawa panas ini akan menyebabkan uap dan akan mengembun ketika ponsel berada di suhu dingin.

Ponsel Pernah Jatuh ke Air

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan lensa kamera depan menjadi buram mungkin karena ponsel Anda pernah jatuh ke air. Ini bisa menyebabkan air masuk melalui celah-celah kecil termasuk kamera depan.

Cara Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram

Ada tiga cara memperbaiki kamera depan Android yang buram yang bisa Anda lakukan, berikut diantaranya:

1. Menggunakan Pasta Gigi

Ternyata pasta gigi diklaim dapat mengatasi kaca lensa kamera depan ponsel yang tergores. Anda bisa mengoleskan sedikit pasta gigi di bagian kaca lensa dan digosok secara perlahan. Lakukan secara hati-hati hingga kaca lensa terlihat lebih bersih.

Cara ini bisa mengatasi kamera depan yang buram sekaligus untuk menghilangkan goresan di kaca lensa. Ingat, Anda harus menggunakan pasta gigi putih dan bukan yang gel.

2. Bersihkan Debu yang Menempel Pada Lensa.

Cara yang kedua, Anda bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan debu yang menempel pada kaca lensa kamera depan ponsel Android Anda. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa debu bisa menjadi penyebab kamera buram.

Untuk itu, Anda bisa sedikit menuangkan minyak kayu putih pada kapas atau tisu. Kemudian gosokkan pada lensa secara perlahan untuk membantu mengangkat debu dari permukaan kaca lensa.

3. Bersihkan Lensa yang Berembun

Jika Anda mendapati lensa kamera Android berembun, Anda harus segera mematikan ponsel dan melepaskan baterai. Gunakan hair dryer untuk membantu mengeringkan lensa melalui kisi-kisi atau lubang di sisi kanan dan kiri ponsel agar suhu ponsel Anda menjadi lebih stabil dan tidak lagi berembun.

Mencegah Kamera Depan Android Menjadi Buram

Setelah membahas cara memperbaiki kamera depan Android yang buram, untuk itu bagi pembaca yang belum mengalami masalah tersebut sebaiknya melakukan antisipasi agar lensa kamera tidak menjadi buram.

Salah satunya adalah dengan menggunakan flip cover untuk melindungi kaca lensa kamera depan agar tidak mudah tergores. Apalagi ketika Anda sering menyimpan ponsel di ruang yang sempit seperti tas.

Selain itu, sebaiknya tidak meletakkan ponsel sembarangan agar kaca lensa kamera tidak mudah tergores pada benda benda yang kasar dan padat.

Baca juga : 7 Aplikasi Kamera Android Autofocus Terbaik (Blur Otomatis)

Namun jika memang lensa kamera ponsel Anda sudah terlanjur jadi buram, Anda bisa menggunakan cara memperbaiki kamera depan Android yang buram seperti yang sudah dijelaskan di atas.