5 Cara Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi Di Semua Hp Android

AndroidMau.com – Pada hp dengan sistem operasi Android versi Marshmallow atau di atasnya, biasanya akan muncul notifikasi berupa “hamparan layar terdeteksi”. Hal ini bisa saja terjadi pada setiap jenis perangkat seperti Xiaomi, Samsung, Oppo dan Vivo.

Cara Mengatasi Hamparan Layar Terdeteksi Di Semua Hp Android

Hamparan layar terdeteksi ini biasanya muncul dari aplikasi seperti Facebook Messenger, Screen Recorder, dan lain-lain. Pada ponsel xiaomi biasanya pengaturan ini dapat kita temukan pada aksebilitas dan notifikasi.

Untuk menonaktifkannya, berikut adalah cara mengatasi hamparan layar terdeteksi di semua ponsel Android :

1. Menonaktifkan Hamparan Layar Di Hp Xiaomi

Seperti yang sudah disampaikan di atas, notifikasi hamparan layar biasanya muncul pada aplikasi yang memunculkan popup di layar.

Contohnya adalah pada aplikasi Cleaner, UC Browser, Screen Recorder, dan lain sejenisnya. Sistem operasi Android terkini memperketat sistem untuk memunculkan pop-up tersebut. Untuk menonaktifkannya tentu sangat mudah.

Cara untuk mengatasi notifikasi tersebut adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Mengapa harus mencopot pemasangan aplikasi tersebut?

Biasanya ponsel Xiaomi sudah dilengkapi dengan pembersih dan perekam layar bawaan. Untuk itu, para pengguna Xiaomi tidak perlu memasang lagi aplikasi lain karena sudah disediakan langsung dari Xiaomi.

2. Masuk Ke Safe Mode Untuk Ponsel Samsung

Bagi yang memiliki ponsel Samsung, tentunya bisa diakali dengan cara masuk ke mode aman atau yang juga bisa disebut dengan Safe Mode.

  • Untuk masuk ke mode aman tersebut, pertama nonaktifkan terlebih dahulu ponsel Samsung yang dimiliki.
  • Setelah itu, hidupkan ponsel dengan menekan tombol Power sampai keluar logo Samsung.
  • Jika sudah muncul logo, tahan tombol Volume bawah sampai hp samsung berhasil menyala.
  • Ponsel akan masuk ke safe mode jika sudah ditandai tulisan Safe Mode di bagian layar bawah.
  • Berikutnya masuk ke Pengaturan lalu Aplikasi dan cari aplikasi yang akan diberi izin.

Jika sudah ditemukan pilih Izin dan berikan semua izin pada aplikasi dan restart ponsel.

3. Menonaktifkan Izin Pada Semua Aplikasi

Menonaktifkan izin pada semua aplikasi bisa menjadi cara mengatasi hamparan layar terdeteksi untuk semua ponsel. Untuk menonaktifkannya, caranya cukup mudah.

Ketika muncul notifikasi tersebut, pilih buka setelan dan selanjutnya hilangkan izin pada semua aplikasi yang ada. Tekan tombol Home dan buka aplikasi yang tadi muncul notifikasi tersebut.

Cara ini tentunya bisa diterapkan hampir di semua ponsel Android. Pada dasarnya, semua sistem operasi Android memiliki cara kerja yang sama, akan tetapi peletakan menunya saja yang berbeda-beda pada setiap ponsel.

Jika sudah membuka aplikasi tersebut, masuk ke menu perizinan hamparan layar dan izinkan pada aplikasi yang dibuka maka notifikasi tadi tidak akan muncul lagi.

4. Menonaktifkan Hamparan Layar Di Hp Lenovo

Untuk menonaktifkan hamparan layar yang ada pada HP Lenovo bisa diakali dengan cara tidak memberikan semua izin pada aplikasi tersebut.

Caranya adalah jangan buka terlebih dahulu aplikasi yang diinginkan kemudian masuk ke Pengaturan, kemudian Aplikasi. Pilih aplikasi kemudian masuk pada bagian Perijinan.

Setelah masuk ke menu tersebut, nonaktifkan semua izin yang ada dan jangan lupa hentikan prosesnya dengan cara paksa berhenti. Jika sudah, buka lagi aplikasi yang tadi sudah dihilangkan izinnya.

Pengguna ponsel Lenovo berikutnya akan diminta izin ulang dan notifikasi hamparan layar tidak akan muncul lagi.

5. Menghentikan Proses Aplikasi Yang Menggunakan Hamparan Layar

Untuk menonaktifkan notifikasi hamparan layar tersebut juga bisa dilakukan dengan cara menghentikan proses aplikasi tersebut.

Untuk menghentikan proses aplikasi tersebut bisa dilakukan dengan cara masuk ke Pengaturan atau Setelan, kemudian masuk ke Aplikasi.

Pilih aplikasi yang akan dihentikan selanjutnya pilih Paksa Berhenti lalu buka lagi aplikasi tersebut.

Baca juga :

Cara mengatasi hamparan layar terdeteksi untuk semua hp android sebenarnya menggunakan metode yang sama. Akan tetapi, untuk masuk ke menu tersebut biasanya memiliki tempat yang berbeda-beda tergantung dari lokasi pengaturan tersebut. Dengan cara yang sudah disampaikan, semoga dapat membantu dan notifikasi tersebut dapat menghilang.