5 Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot untuk Semua Versi

AndroidMau.com – Bagi kalian yang mengalami hp oppo lemot atau sering tidak merespon saat digunakan berkomunikasi atau sedang main game, maka beberapa cara berikut ini akan membantu kalian untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Hp Oppo Lemot

Smartphone Oppo merupakan salah satu hp yang cukup dari beberapa tahun yang lalu, merk ini mulai dikenal banyak masyarakat lantaran spesifikasi yang ditawarkan cukup mumpuni.

Salah satu andalan dari Oppo ada pada fitur kamera dimana hasil potret dari ponsel buatan cina ini sangatlah bagus dan kamera depannya pun cukup untuk selfie.

Namun seiring berjalannya zaman, tentu semakin hari kita akan merasa bahwa hp oppo kita mulai lemot, itu disebabkan karena beberapa masalah seperti update aplikasi yang semakin besar dan berat.

Oleh karena itulah, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi oppo yang lemot.

Cara Mengatasi Hp Oppo yang Lemot Paling Ampuh

1. Menghapus Cache

Hal pertama yang bisanya dilakukan untuk mengurangi lemot pada smartphone oppo adalah dengan menghapus cache. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal sangat penting untuk tetap menjaga performa oppo agar tetap lancar.

Banyak sekali aplikasi penghapus cache yang bisa kita gunakan secara gratis misalnya seperti CCleaner, Clean Master dan masih banyak lagi.

2. Gunakan Tema Standar

Untuk tampilan yang menarik memang lebih direkomendasikan menggunakan launcher pihak ketiga, misalnya ingin tampilan doraemon, hello kitty atau yang lainnya.

Namun jika anda lebih mementingkan performa dibandingkan tampilan, pilihan terbaik adalah tetap menggunakan tema standar bawaan dari oppo tersebut. Terbukti lebih ringan dan tidak membuat oppo lemot.

3. Tidak Banyak Menginstal Aplikasi

Faktor ketiga yang mempengaruhi oppo lemot adalah aplikasi yang berjalan, jika anda memasang banyak aplikasi di smartphone anda maka secara otomatis disk akan terpakai banyak dan tentu prosesor akan memproses lebih banyak aplikasi, terutama yang sedang berjalan.

Silahkan install aplikasi yang anda perlu saja atau yang umum seperti WA, BBM, FB dan aplikasi yang memang sangat dibutuhkan untuk menunjang produktivitas anda sehari-hari.

4. Melakukan Root

Melakukan rooting pada smartphone tentu juga bisa mengurangi lemot pada hp oppo. Sebab dengan cara hp kita di root, kita bisa leluasa lagi dalam melakukan “tweak aplikasi” sehingga mendapatkan performa yang maksimal.

Terutama pada seri oppo r1011 yang sudah cukup jadul dan lemot, kalian bisa mengakalinya dengan cara root.

5. Kembali ke Pengaturan Awal atau Pabrik

Kembali ke pengaturan awal adalah solusi terbaik yang bisa anda lakukan saat hp oppo anda benar-benar lemot. Hal ini akan menghapus semua data-data penting yang ada pada memori telpon dan semua aplikasi yang sudah terinstal pada memori internal.

Tips sebelum melakukan format awal atau factory reset, silahkan terlebih dahulu anda lakukan backup terhadap data-data penting yang ada pada smartphone anda.

Begitulah tips dari kami untuk cara mengatasi hp oppo yang lemot, semoga ini berguna dan silahkan di share ke teman-teman yang lain, selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Wildan