7 Cara Merawat Hp Baterai Tanam Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

AndroidMau.com – Baterai adalah komponen yang sangat penting pada smartphone, sebab baterai merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemeberi daya kepada komponen lain sehingga smartphone bisa berfungsi dengan baik.

Cara Merawat Hp Baterai Tanam Agar Awet

Bahkan baterai selalu menjadi pertimbangan pertama saat ingin membeli smartphone baru. Tentu kapasitas yang besar akan memberikan daya tahan yang lebih lama dibangdingkan yang kecil.

Umumnya smartphone kini memiliki kapasitas mulai 3500 mAh hingga 4000 mAh dan itu sudah mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

Ada dua tipe baterai removable dan non-removable atau baterai tanam pada smartphone. Dan pada artikel ini kami akan memberikan tips ampuh cara merawat baterai hp baterai tanam agar awet hingga bertahun-tahun.

7 Cara Merawat Hp Baterai Tanam Agar Awet Paling Ampuh

1. Charger Baterai Hingga 100%

Pastikan saat mencharger baterai usahakan selalu full hingga 100%. Normalnya jika baterai lemah lalu di cas, dia akan membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam hingga penuh. Jadi usahakan jangan cabut charger jika belum menunjukkan persentase 100%.

2. Diamkan Hp Sejenak Selesai di Charger

Setelah baterai full, diamkan sejenak sekitar 5 menit agar suhu panas selama di charger hilang terlebih dahulu. Ini yang saya lakukan terhadap ponsel saya sehingga sudah bertahun-tahun hingga sekarang tetap awet dan bahkan bisa dibilang performa baterainya tetap seperti awal beli.

3. Charger Baterai Jika Kurang 20%

Jika pada smartphone Xiaomi, biasanya jika persentase baterai menunjukkan angka 19% maka akan ada notifikasi baterai lemah dan harus di charger. Memang pada tiap ponsel tidak sama, namun apapun ponsel yang kalian gunakan jika sudah muncul peringatan baterai lemah, silahkan langsung di charger saja.

4. Gunakan Charger Ori

Selalu gunakan charger ori untuk pengisian yang lebih efisien dan lebih maksimal. Charger ori disini adalah charger bawaan smartphone yang didapat bersama hp saat baru membelinya. Jika charger ori tersebut rusak, silahkan beli charger ori lagi atau bisa membeli merk lain asalkan spesifikasinya sama, meliputi volt dan ampere yang dikeluarkan.

5. Jangan Gunakan Hp Saat di Cas

Hal ini biasanya yang begitu sulit untuk dilakukan, kebanyakan pengguna tidak dapat lepas lama-lama dari smartphone yang digunakan. Ada saja alasannya seperti main game, buka fb dan chatting WA. Jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang, maka baterai akan cepat kembung dan akhirnya menurun.

6. Hindari Nge-Cas dengan Power Bank

Hindari penggunaan charge dengan power bank kecuali memang sedang dalam keadaan darurat. Karena proses charge dengan power bank biasanya memakan waktu lama dan juga pengguna sering menggunakan smartphonenya meskipun sedang di cas dengan power bank.

Jadi usahakan cas tetap dengan charger ori lewat colokan listrik karena lebih cepat dan juga lebih awet terhadap baterai tentunya.

7. Restart Hp 24 Jam Sekali

Usahakan untuk melakukan restart hp sekali sehari agar performa baterai tetap awet. Selain itu hal ini akan memulai kembali aplikasi dari awal dan tidak akan membebani cpu maupun daya dari baterai.

Rata-rata smartphone sekarang sudah ada fitur matikan dan hidupkan otomatis, silahkan cari pengaturan tersebut dan setting saja mati jam 12 malam dan hidup 5 menit setelahnya.

Baca juga :

Itulah 7 tips serta cara merawat hp baterai tanam agar awet digunakan hingga bertahun tahun lamanya tanpa ganti baterai baru. Sebagian tips diatas adalah hasil pengalaman pribadi admin sendiri yang hingga sekarang baterai smartphone saya tetap awet dan performanya tetap bagus. Tips ini juga berlaku untuk pengguna iOS dan Android, jadi selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Wildan