Jangan Salah Langkah! Ini Cara Perbarui Layanan Google Play di Android

AndroidMau.com – Mengetahui cara perbarui layanan Google Play di Android sepertinya sangat penting dan harus Anda ketahui. Apalagi mengingat aplikasi ini memiliki peran yang cukup penting di ponsel Android. Sederhananya, Google menganggap aplikasi ini sebagai pengaya sehingga perlu untuk selalu diperbarui. Hanya saja masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara perbarui aplikasi ini sehingga pasti akan selalu muncul notifikasi yang meminta Anda untuk memperbarui layanan Google Play.

Apa itu Layanan Google Play?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara perbarui layanan Google Play, mungkin sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu layanan Google Play. Karena banyaknya pengguna yang belum mengetahui peran dari layanan ini, sehingga seringkali mereka mengabaikan pemberitahuan yang meminta untuk pembaruan layanan Google Play.

Layanan Google Play

Google Play sendiri merupakan layanan dari Google yang memiliki fungsi untuk autentikasi Google Service, mensinkronisasi kontak serta untuk akses ke semua pengaturan pribadi pengguna termasuk juga untuk layanan yang berbasis lokasi.

Layanan Google Play ternyata juga membantu untuk mempercepat pencarian offline, peta yang detail dan meningkatkan pengalaman saat gaming.

Cara Memperbarui Layanan Google Play (Google Play Service)

Mengingat pentingnya aplikasi Google Play pada smartphone, untuk itu Anda perlu melakukan pembaruan atau update jika diminta. Bagi yang belum tau cara perbarui layanan Google Play, berikut ada dua cara yang bisa Anda gunakan:

Update Langsung dari Google Play Store

Cara yang pertama, Anda bisa melakukan update langsung dari Google Play Store. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu Anda memiliki sisa kapasitas penyimpanan internal kurang lebih 50 MB. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi / Apps.

Pada tab Semua Aplikasi, cari dan buka opsi Google Play Services.

Lanjutkan dengan melakukan tap pada “Hapus Data” atau “Clear all Data” dan lakukan tap juga pada opsi “Clear Cache”.

Selanjutnya, Anda bisa masuk ke Google Play Store dan pilih aplikasi Google Play untuk melakukan update.

Mengunduh APK Layanan Google Play

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan cara yang sebelumnya, Anda bisa mencoba cara yang kedua ini. Berikut langkahnya:

Langkah pertama, Anda bisa mencari dan mengunduh APK Google Play Service.

Jika sudah selesai mengunduh, masuk ke menu pengaturan di ponsel lalu pilih Keamanan dan centang “Sumber Tidak Diketahui” agar bisa memasang aplikasi pihak ketiga.

Selanjutnya, buka file APK yang sudah di unduh tadi dan instal di ponsel Anda untuk memulai mengupdate versi layanan Google Anda.

Bagaimana Jika Google Play Tidak Diperbarui?

Bagi pengguna awam, mungkin seringkali mengabaikan cara perbarui layanan Google Play. Apalagi yang tidak mengetahui fungsi dari layanan tersebut, pasti jika ada notifikasi yang meminta pembaruan aplikasi Google Play dibiarkan saja.

Padahal seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa layanan tersebut penting dan bermanfaat untuk mendukung aktivitas di smartphone Anda.

Bahkan ketika Anda ingin bermain suatu game online, pembaruan layanan Google Play dibutuhkan. Seringkali smartphone juga gagal melakukan sinkronisasi hanya karena layanan Google Play belum di update.

Baca juga :

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan update pada layanan Google Play di ponsel Anda. Karena dengan cara perbarui layanan Google Play maka pengalaman menggunakan smartphone semakin lancar dan tidak mengalami masalah tertentu.

You May Also Like

About the Author: Wildan