Memeriksa Fitur ColorOS 12 Pada Ponsel Oppo Yang Menjalankan Android OS 11 Dan 12

Androidmau.com – Banyak ponsel Oppo terbaru hadir di Indonesia, antara lain Oppo Reno 74G dan Oppo FindX3 Pro 5G hingga Oppo Reno 65G yang sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 terbaru.

Selain Android 12, beberapa ponsel terbaru seperti Oppo Reno7 Z 5G juga berjalan di sistem operasi Android yang sedikit lebih tua, yaitu Android 11.

Meski versi OS berbeda, antarmuka ponsel (UI) Oppo terbaru di Indonesia ini kompak dan berbasis antarmuka pengguna terbaru ColorOS 12, penerus ColorOS 11.

Oppo mengklaim ColorOS 12 memiliki banyak fitur yang dapat memberikan pengalaman nyaman dan lancar saat menggunakan ponsel untuk berbagai aktivitas, terlepas dari versi OS Android sebelumnya. Jadi apa saja fitur-fitur tersebut?

Mesin anti-gagap AI

Dari segi desain, ColorOS 12 memiliki tampilan baru yang memberikan margin lebih. Dengan cara ini, antarmuka ini diharapkan dapat mengatasi kepadatan informasi yang perlu dilihat pengguna di layar ponsel mereka.

Desain ColorOS 12 kemudian dipadukan dengan perangkat lunak Quantum Animation Engine terbaru dan mesin AI anti-gagap yang dikatakan memberikan pengalaman OS yang mulus.

Dikatakan bahwa teknologi pencegahan stuttering mesin AI yang sama dapat membuat ponsel berjalan dengan lancar dan menghemat daya baterai.

Umoji

/BillClinten Ilustrasi cara menggunakan fungsi Omoji.

Omoji adalah fungsi yang memungkinkan Anda membuat karakter kartun, juga dikenal sebagai avatar 3D, yang dapat dirancang agar sesuai dengan wajah Anda. Fitur ini didasarkan pada bantuan teknologi algoritma FaceCapture.

Oppo berpendapat bahwa algoritma ini dapat menangkap lebih dari 20.000 fitur wajah pengguna, memungkinkan avatar ditempatkan dengan cara yang mirip dengan wajah pengguna.

Hubungkan komputer Anda

Sesuai dengan namanya, PC Connect memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan langsung di laptop mereka.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mengunduh aplikasi PC Connect ke laptop atau komputer Anda (yang menjalankan Windows 10 atau yang lebih baru) dari tautan berikut:

Pengguna kemudian dapat menghubungkan ponsel Oppo mereka secara langsung sehingga layar awal ponsel mereka muncul di layar laptop mereka.

Dalam situasi ini, pengguna dapat mengontrol dan mengoperasikan telepon langsung dari layar laptop.

Aktivitas yang biasanya mengandalkan fitur PC Connect itu sendiri termasuk menyalin teks dari ponsel ke laptop, mentransfer foto, dan melakukan panggilan.

Terjemahan bilah sisi cerdas

ColorOS 12 memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan langsung berbagai konten bahasa asing yang ditampilkan di layar menggunakan fitur Smart Sidebar-Screen Translation.

Pengguna dapat langsung menggunakan fitur Google Lens ini dengan menggeser ke kiri di tengah layar hingga muncul layar smart sidebar.

Pengguna kemudian cukup memilih fitur “Terjemahan Layar” untuk menerjemahkan semua yang ditampilkan di layar ponsel.

Menurut Oppo, fitur Google Lens Translator mendukung hingga 100 bahasa asing. Fitur ini dikatakan mampu menerjemahkan tidak hanya teks, tetapi juga gambar.

Panel kontrol privasi

Dasbor privasi layar ColorOS 12 Oppo.

ColorOS 12 juga menyertakan beberapa fitur baru yang berfokus pada keamanan seluler dan aspek privasi pengguna.

Salah satunya adalah dengan menggunakan dasbor privasi. Ini adalah fitur yang memungkinkan Anda melihat izin dan mengakses semua aplikasi yang terinstal di ponsel Anda dari satu tampilan.

Selain itu, sistem juga menginformasikan kepada pengguna jika aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon ponsel. Pengguna tetap aman dari masalah privasi.

Ada juga fitur pencegahan mengintip yang bisa menyembunyikan notifikasi dari orang lain.

Fitur ini didasarkan pada fitur pengenalan wajah, sehingga jika kamera selfie mendeteksi pengguna lain menggunakan ponsel, konten notifikasi akan disembunyikan secara otomatis.

Panel kontrol baterai visual

Mirip dengan dasbor privasi, ColorOS 12 memiliki menu pengaturan yang memungkinkan Anda melihat penggunaan dan kinerja baterai dalam satu tampilan.

Selain itu, pengguna akan diberi tahu aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai, sehingga Anda dapat mengurangi kekuatan aplikasi ini dan memaksimalkan kapasitas baterai.

ColorOS 12 juga memiliki fitur hemat daya sekali klik. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menghemat penggunaan baterai dengan sekali tap.

penguat sistem AI

ColorOS 12 pada ponsel Oppo dilengkapi dengan penguat sistem AI, yang dikatakan dapat meningkatkan respons sistem saat menavigasi antara menu dan aplikasi.

Kedua, bagian depan terbaru Oppo juga memiliki ekstensi RAM. Konon, Anda bisa menambah ukuran RAM dengan “meminjam” kapasitas memori internal untuk sementara waktu untuk meningkatkan kinerja ponsel.

Ada juga fitur General Performance Adapter (GPA) 2.0 yang diklaim dapat meningkatkan pengalaman bermain game dengan meningkatkan kinerja perangkat keras dan mengurangi panas berlebih yang dihasilkan saat memainkan game “berat”. ..

Untuk melihat semua fitur ColorOS 12, lihat halaman resmi Oppo Indonesia di tautan berikut:

You May Also Like

About the Author: Wildan