Ternyata Ini 7 Penyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

AndroidMau.com – Ternyata sampai saat ini masih banyak yang belum tau apa saja penyebab hp xiaomi mati sendiri atau restart sendiri. Salah satu hp produksi dari china tersebut memang lumayan banyak peminatnya terlebih di Indonesia. Dari type hp xiaomi keluran pertama yang bernama xiaomi mi 1 saja sudah terjual sekian ratus ribu unit sendiri pada saat peluncuran pertama.

Penyebab Hp Xiaomi Mati Sendiri

Namun, semakin kesini banyak para penggunanya yang mengeluh xiaomi redmi 3 tiba tiba mati dan keluhan lainnya yang sebenarnya permasalahannya hampir sama.

Jangan buru-buru untuk ambil keputusan untuk ganti hp, namun cari tau penyebabnya terlebih dahulu. Dibawah ini beberapa penyebab yang paling sering menjadi faktornya.

1. Menggunakan Aplikasi yang Berlebih

Untuk para pengguna xiaomi, ketika hp tiba-tiba mengalami mati sendiri, jangan langsung menganggap bahwa hp tersebut rusak. Kejadian seperti ini tidak terjadi untuk type hp xiaomi saja, namun untuk hampir semua jenis hp.

Biasanya penyebab hp xiaomi mati sendiri terjadi karena anda telah memasang dan menggunakan aplikasi yang berlebihan. Mungkin bagi anda semua aplikasi tersebut sangat bermanfaat.

Namun tidak semuanya begitu. Apalagi jika semuanya terpasang dan selalu online. Selain menyebabkan RAM cepat menyusut, hal ini juga bisa menyebabkan mesin tidak bekerja secara maksimal, yang pada akhirnya menyebabkan hp xiaomi tidak mau menyala dalam beberapa saat.

Mulailah untuk mengurangi aplikasi yang terpasang pada sistem internal. Dan hanya mengaktifkan aplikasi yang dirasa penting saja.

2. Melakukan Aktivitas Vlog yang Membabi Buta

Para pengguna xiaomi pasti setuju jika hampir semua hp keluaran xiaomi memiliki kualitas kamera yang tidak main-main alias sangat jernih.

Hal ini selalu dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk banyak memotret obyek-obyek bagus dan tidak lupa juga ngevlog bagi para penggunannya yang suka melakukan aktivitas tersebut.

Hal tersebut ada kaitannya dengan penyebab hp xiaomi mati sendiri. Bisa jadi dikarenakan karena melakukan aktivitas vlog yang membabi buta.

Walaupun hanya merekam saja, namun ngevlog dapat membuat hardware cepat panas. Tidak hanya itu saja, ngevlog juga akan menghabiskan baterai 2x lebih cepat dari pada foto-foto atau menjalankan beberapa aplikasi di hp.

Jika anda tidak mengontrol kegiatan vlog tersebut, maka akibatnya hp xiaomi mati total tidak bisa di charge. Anda harus mengistirahatkan terlebih dahulu beberapa saat sampai setidaknya suhu hp sudah agak dingin. Hal ini bisa terjadi pada semua type hp xiaomi.

3. Melakukan Upgrade MIUI yang Tidak Sesuai dengan Kapasitas

Penyebab penyebab hp xiaomi mati sendiri selanjutnya adalah adanya kesalahan pada saat upgrade MIUI pada sistem kinerja hp itu sendiri.

Para pengguna xiaomi pastinya sudah tau bahwasanya mengupgrade sistem operasi MIUI adalah hal yang sangat penting untuk mendukung semua fitur terbaru dari hp xiaomi itu sendiri.

Namun akan berdampak buruk jika kapasitas mesin tidak sesuai dengan yang dibutuhkan pada saat upgrade sistem MIUI. Hal ini akan menyebabkan proses booting menjadi lebih lama dan bisa sampai sering mati mendadak.

4. Memasang Aplikasi Game 3D

Untuk para gamers, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis game satu ini. Game dengan sistem 3D. Memainkan game 3D pastinya akan sangat memuaskan karena kualitas gambarnya sangat jernih dan terlihat begitu nyata.

Namun ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda memasang game 3D di smartphone anda yaitu GPU nya.

Jika GPU hp anda tidak terlalu support, maka akan membuat kinerja mesin bekerja 2x lebih keras dari biasanya.

Jika hal tersebut terjadi, maka akan membuat visualisasi game terputus-putus serta menjadi penyebab hp xiaomi mati sendiri secara tiba-tiba atau biasa disebut dengan ngehang.

5. Menggunakan Hp Xiaomi Sambil Di Cas

Saat memegang smartphone memang rasanya tidak ingin berhenti, selalu ada saja yang bisa kita lakukan dengan smartphone seperti membuka facebook, nonton youtube dan bermain game online kekinian.

Banyak pengguna yang belum mengerti dan melakukan hal yang bahaya yaitu menggunakan hp sambil di cas. Padahal dampak kegiatan tersebut akan berdampak buruk terhadap kesehatan hp dan baterai.

Coba saja anda rasakan sendiri, mainkan sosmed atau game online dan rasakan bagian belakang hp apakah terasa panas? Panas ini jika dibiarkan terus menerus akan overheating dan dapat merusak komponen lainnya.

Silahkan cas hp sampai penuh dulu, baru gunakan setelah full.

6. Menggunakan Custom ROM Abal Abal

Menggunakan custom rom juga bisa menjadi penyebab hp xiaomi mati sendiri. Ini dikarenakan custom ROM adalah firmware yang sudah di modif oleh orang dan bukan resmi dari MIUI.

Umumnya custom rom memiliki tampilan ala hp lain dan fiturnya pun berbeda atau ada penambahan dari versi asli. Namun perlu kalian ketahui bahwa kadang ada custom rom yang tidak stabil sehingga dapat membuat hp restart dan bahkan mati sendiri.

Gunakanlah ROM asli dari MIUI dan lakukan update jika ada pembaruan.

7. Menginstal Aplikasi Pihak Ketiga dari Luar Play Store

Hati-hati dalam menginstal apk dari luar play store karena dapat membawa virus dan malware yang dapat membahayakan sistem Android. Sebab apk dari luar play store tidak terjamin keamanannya.

Berbeda dengan kita menginstal dari play store, disana sudah di protect dengan sistem Google sehingga aman untuk di install.

Selalu gunakan aplikasi dari Play Store dan jangan lupa untuk mengupdate aplikasi jika tersedia pembaruan.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab hp Xiaomi mati sendiri dan semua itu disebabkan oleh pengguna yang kurang mengerti atau tidak paham dengan cara menggunakan smartphone yang baik.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Mi Cloud pada Pengguna Android Xiaomi (Permanen)

Semoga artikel kali ini bermanfaat, dan silahkan bagikan dengan teman-teman anda sesama pengguna Xiaomi agar mereka juga tau akan penyebabnya dan bisa melakukan antisipasi.

You May Also Like

About the Author: Wildan