Penting! Inilah 6 Perbedaan RAM Dan ROM pada Smartphone Android

AndroidMau.com – Pengguna smartphone mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang RAM dan ROM. Namun, tak jarang banyak dari para pengguna yang belum mengerti apa sebenarnya perbedaan RAM dan ROM pada smartphone tersebut.

6 Perbedaan RAM Dan ROM pada Smartphone Android

Banyak dari para pengguna yang salah mengartikan kedua memori tersebut karena tulisan yang hampir mirip. Meski RAM dan ROM terlihat mirip dalam hal penulisan, namun kedua memori tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Para pengguna smartphone pun perlu mengetahui perbedaan RAM dan ROM, sebab hal tersebut dapat membantu para pengguna apabila ingin membeli smartphone dengan kapasitas memori yang di inginkan.

6 Perbedaan RAM dan ROM Yang Perlu di Luruskan

Biasanya, RAM dan ROM digunakan oleh beberapa orang untuk menentukan smartphone yang ingin dibeli. Kapasitas memori dari RAM dan ROM inilah yang kemudian akan menentukan kinerja smartphone.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari RAM dan ROM tersebut jika memang kedua-duanya dibutuhkan dalam sebuah smartphone? Ini jawabannya :

1. Pengertian RAM Dan ROM

Ditinjau melalui pengertiannya sendiri, RAM dan ROM sangatlah berbeda. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang bekerja untuk menyimpan data sementara.

Sedangkan ROM sendiri memiliki kepanjangan Read Only Memory, memori ROM ini biasa digunakan pada smartphone untuk menyimpan dan membaca data yang bersifat tetap atau permanen.

2. Fungsi RAM Dan ROM

Meski secara garis besar keduanya digunakan untuk menyimpan data, namun fungsi khusus dari keduanya sangatlah berbeda.

RAM berfungsi untuk menyimpan data yang ada pada aplikasi di saat aplikasi tersebut berjalan.

Kinerja dari RAM sendiri dapat dilihat pada saat aplikasi pada smartphone berjalan, maka data akan otomatis tersimpan pada memori RAM.

Sebagai contoh yaitu aplikasi chat, maka data chat yang terkirim atau masuk akan tersimpan pada memori RAM. Sedangkan ROM sendiri berfungsi menyimpan segala perintah dari sistem dan aplikasi yang bersifat tetap.

Sampai sini ngerti?

3. Tugas RAM Dan ROM

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari tugas kedua memori tersebut. RAM, memori ini memiliki tugas yang sangat penting, yakni untuk menyimpan data yang masih bisa diakses dengan mudah, sehingga pengguna tidak akan kesusahan mengakses data.

RAM juga menjadi memori yang hanya bertugas untuk menyimpan data pada aplikasi-aplikasi yang tengah dijalankan. Sedangkan tugas dari ROM sendiri yaitu menyimpan data yang tidak mudah diakses.

ROM juga bertugas menyimpan data aplikasi agar dapat dijalankan dan diproses oleh RAM.

4. Perubahan RAM Dan ROM

Pada memori RAM, data yang disimpan dapat berubah-ubah sesuai dengan aplikasi yang dijalankan. Data yang ada pada RAM pun dapat hilang sewaktu-waktu apabila smartphone kehilangan daya listrik.

Berbeda dengan ROM, data yang disimpan didalam memori ROM tidak akan berubah sebab bersifat permanen dan tidak akan hilang meski smartphone kehilangan daya listrik.

5. Kapasitas Memori RAM Dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM yang selanjutnya dapat dilihat dari kapasitas memori tersebut. Kapasitas memori ROM cenderung lebih besar daripada kapasitas dari memori RAM.

Hal ini disebabkan penggunaan ROM sebagai tempat menyimpan data aplikasi harus besar dan cukup untuk menampung data.

6. Pentingnya Memori RAM Dan ROM

Meskipun memiliki perbedaan, RAM dan ROM tetap menjadi komponen penting dalam sebuah smartphone. Apabila dalam sebuah smartphone tidak memiliki memori RAM maupun ROM, maka smartphone tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Dapat dikatakan bahwa kedua memori ini merupakan inti agar smartphone beserta aplikasi yang dipasang dapat berjalan dengan baik. Maka, dapat dipastikan bahwa tanpa adanya salah satu memori tersebut, kinerja smartphone akan terganggu.

Baca juga :

Itulah perbedaan RAM dan ROM dan peran pentingnya yang perlu diketahui oleh setiap pengguna smartphone. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, maka para pengguna dapat menentukan smartphone dengan kapasitas memori yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *